Kamu Wajib ke Tempat Ini Saat Berkunjung Ke Blitar!

60453 medium img 20190505 wa0082
Hayooo…ada yang tahu dimana Bapak Proklamator Ir.Soekarno menjalani masa kecilnya dan di kuburkan dimana? Tepat sekali. Di kota Blitar, Jawa Timur. Jika dari Surabaya kamu bisa menempuh waktu sekitar empat sampai lima jam untuk sampai di kota ini dengan menggunakan bus antar kota.

Nah, saat kamu berkunjung ke Blitar, jangan sampai melewatkan tuk melihat peninggalan sejarah. Karena kamu pasti sudah tidak asing dengan pesan ini, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya.” Berikut ini beberapa destinasi sejarah yang patut kamu kunjungi, khusunya berkaitan dengan sejarah Presiden Pertama kita Ir.Soekarno. Kuy langsung aja…check these out…

1) Istana Gebang
Istana Gebang merupakan rumah Ayah Bung Karno yakni R.Soekeni Sosrodihardjo yang menjadi kediaman masa kecil Sang Proklamator. Bentuk istana ini sederhana, namun elegan. Terletak di Jalan Sultan Agung No.95, Sananwaten, Kota Blitar. Istana ini terdiri dari ruang tamu, ruang tengah yang dilengkapi meja kerja, kamar tamu untuk laki-laki dan perempuan, kamar orangtua dan kamar Bung Karno, ruang makan, dapur, dan teras yang terlatak di depan dan tengah. Istana ini juga dilengkapi dengan garasi di samping rumah. Sedangkan di halaman depan ada bendera, gong perdamaian dan patung Bung Karno yang berdiri tegap. Untuk bisa masuk ke Istana Gebang, kamu cukup membayar biaya registrasi Rp.3.000,-.

2) Musium Bung Karno
Musium Bung Karno terletak di Jalan Ir.Soekarno No.152, Kota Blitar. Di musium ini kamu akan disuguhkan sejarah perjalanan dan perjuangan Ir.Soekarno. Terdapat miniatur replika bangunan pengasingan Bung Karno, replika naskah proklamasi, juga ada gambar Bung Karno bersama orang-orang terdekatnya dan di masa bersejarah Indonesia.

Menariknya, saat masuk musium, kamu akan melihat gambar Bung Karno yang jika diperhatikan dengan seksama bisa tampak berdetak atau bergetar. Di depan musium juga ada patung Bung Karno yang sedang duduk sambil membaca buku, cocok banget untuk diabadikan dalam koleksi foto perjalananmu. Untuk masuk ke museum kamu tidak perlu keluar biaya atau artinya gratis.

3) Perpustakaan Nasional Bung Karno
Perpustakaan Nasional Bung Karno terletak di lokasi yang sama dengan Musium Bung karno. Tepatnya di samping musium. Perpustakaan ini memiliki dua lantai. Lantai pertama berisi buku-buku sejarah, sedangkan lantai kedua berisi buku umum seperti sastra, sains, sosial, psikologi, filsafat dan ilmu pengetahuan lainnya. Kamu juga gratis masuk ke perpustakaan ini dan bisa meminjam buku dengan syarat telah memiliki kartu anggota.

4) Makam Bung Karno
Makam Bung Karno juga terletak dalam lingkungan yang sama bersama musium dan perpustakaan Bung Karno. Untuk bisa masuk ke dalam makam, kamu harus membayar biaya masuk Rp.3.000,- Sebelum dan sesudah keluar dari makam, kamu akan menemukan puluhan kios berjejer menawarkan pernak-pernik khas daerah Blitar dengan harga yang murah meriah.

Itu dia beberapa destinasi sejarah untuk mengenang pahlawan yang sudah berjuang dengan segala upaya dan tenaganya demi kemerdekaan Indonesia yakni Founding Father Ir.Soekarno. Semoga dengan berkunjung di destinasi sejarah tersebut, bisa menjadi refleksi untuk kita bersama agar ikut andil dalam bekontribusi demi kemajuan bangsa dan negara. Merdeka!

Penulis : @sucifitrahsyari
Sudah dilihat 43 kali

Komentar

  • 2222 new thumb m bild 1

    Teringat pesan Mendiang Bung Karno, "Jasmerah", Jangan sekali-kali melupakan sejarah....

    Menjadi pengingat bagi generasi penerus untuk belajar dan terus belajar, menyegarkan kembali wawasan tentang sejarah perjalanan bangsa.