Kampung KB Keparakan Lor, Kuatkan Harmoni Keluarga dan Remaja.

1 0 148
Gambar untuk Kampung KB Keparakan Lor, Kuatkan Harmoni Keluarga dan Remaja.
Kampung Keluarga Berencana (KB), Keparakan Lor, Kel. Keparakan, Mergangsan, Kota Yogyakarta beberapa hari yang lalu menggelar sosialisasi “Problematikan Napza di Masyarakat”, Selasa (06/10/2020).  Kegiatan tersebut dimaksudkan memberikan wawasan atas berbagai kenakalan remaja saat ini dimasyarakat, utamanya remaja terhadap napza dan klitih.

Kegiatan dilaksanakan di balai RW 9, Keparakan lor yang notabene sangat berdekatan dengan pinggir kali code, atas kerjasama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Yogyakarta dengan Kampung KB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kota Yogyakarta, Harris Syarif Usaman, Ketua LPMK Keparakan, Ketua RW dan Pengurus RT di wilayah RW 09, Tokoh Masyarakat,

Narasumber Eko Prasetyo, yang juga aktivis sosial dan pemerhati remaja Kota Yogyakarta menyatakan dalam paparannya tentang penyalahgunaan Napza dan kenakalan remaja, utamanya di Kota Yogyakarta. Berbagai persoalan remaja di masyarakat perlu menjadi perhatian serius bagi orang tua dan tokoh masyarakat.

“Kenakalan remaja disebabkan banyak faktor, salah satunya keluarga dan orang tua. Keluarga yang Broken Home mempengaruhi kejiwaan remaja dan berpotensi atas kenakalan remaja”, ujar Eko Prasetyo yang biasa disebut Bro Eko.

Warga masyarakat perlu bersinergi dan berkolaborasi dalam menanggulangi kenakalan remaja agar tidak berkembang menjadi kejahatan, lanjut Bro Eko. Remaja memerlukan eksistensi dan aktualisasi diri. Lingkungan sangat berpengaruh dalam eksistensi dan aktualisasi tersebut, maka perhatian semua pihak, utamanya orang tua sangatlah berarti bagi remaja.

Sementara Rusdi Arif Hartono, Ketua Kampung KB yang juga Ketua RW 9 Keparakan Lor menyampaikan Kampung KB Keparakan Lor dideklarasikan bulan Juni 2020. Dipilihnya Kampung Keparakan Lor sebagai Kampung KB, antara lain faktor ekonomi warga yang berada di pinggir kali code, kepadatan penduduk dan kompleksitas persoalan sosial masyarakat.

“Sebagai upaya mengatasi persoalan tersebut, salah satunya melalui Kampung KB dengan berbagai aktivitas dan kegiatannya, yang antara lain difasilitas melalui DPPKB Kota Yogyakarta”, kata Rusdi.

Pengurus LPMK yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kota Yogyakarta Harris Syarif Usman yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi kegiatan tersebut. Remaja perlu edukasi atas penyalahgunaan napza, yang saat ini semakin masif di masyarakat. Selain itu, fenomena klitih di Kota Yogyakarta yang sangat meresahkan.

Ia menuturkan, edukasi yang berkelanjutan diharapkan remaja menjadi sadar akan bahaya napza dan klitih, sehingga akan membentuk remaja yg berkualitas, mandiri dan berprestasi. Sinergisitas semua pihak, khususnya Kampung KB dan LPMK sebagai upaya menanggulangi kenakalan remaja. Selain itu, diharapkan program dan kegiatan terkait remaja dan pemuda dapat diusulkan dalam Musyawarah Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel). (KangRozaq)

#KelurahanKeparakan
#KarangTarunaKeparakan
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar untuk Kampung KB Keparakan Lor, Kuatkan Harmoni Keluarga dan Remaja.

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Kabupaten Bandung Kembali Perbarui Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Baleendah, Bandung Kabupaten  |  18 Nov 2020
  2. "Daring Sosialisasi Peta Bencana.id disaat Pandemi"

    Saffanah Mubarok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  20 Nov 2020
  3. Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    The Secret of happiness

    Umi Hadiqotul Jannah  di  Jombang, Jember  |  21 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    GESEKAN YANG POSITIF

    TOKHIDUL MIKBAR  di  Jatibarang, Brebes  |  21 Nov 2020
  3. 2
    Komentar

    Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. 2
    Komentar

    Kabupaten Bandung Kembali Perbarui Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Baleendah, Bandung Kabupaten  |  18 Nov 2020