Kader Kelurahan Wirogunan Melaksanakan Rakordasi Persiapan Evaluasi KKG PKK KKBPK Tingkat DIY

5 November 2019, 19:34 WIB
1 0 22
Gambar untuk Kader Kelurahan Wirogunan Melaksanakan Rakordasi Persiapan Evaluasi KKG PKK KKBPK Tingkat DIY
Perhelatan Evaluasi Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tingkat DIY direncanakan Senin (18/11/2019). Perhelatan ini sebagai konsekuensi logis atas keberhasilan meraih predikat terbaik 1 dalam evaluasi KKG PKK KKBPK Kesehatan tingkat Kota Yogyakarta, yang dilaksanakan pada Rabu (28/9/2019) yang lalu.

Persiapan menyambut perhelatan tersebut, didahului dengan rapat koordinasi di wilayah lokus kegiatan, maupun Kelurahan. Rapat koordinasi (Rakordasi) tingkat Kelurahan dilaksanakan pada Selasa (5/11/2019) di pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kec. Mergangsan, Susilo, TP PKK Kec. Mergangsan, Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami, Kepala Puskesmas Mergangsan, TP PKK Kel. Wirogunan, drh. Suparti Sukarno, Ketua LPMK Wirogunan, Abdul Razaq, Ketua RW 08, Ketua RW 03, Ketua RW 02, Ketua RW 01, Ketua Kampung KB, Arsanto, Ketua Kampung Hijau, S. Prayoto, Ketua MRC (Mergangsan Radio Community), Suyanto, Pengurus TP PKK Wirogunan, Kader PKK Pokja 1 hingga Pokja IV, Pengurus RW 22, Babinsa, Babimkamtibmas, UPPKS dan kader Kampung KB.

Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami dalam pengarahannya menyatakan, kegiatan evaluasi KKG PKK KKBPK tahun 2019, kita jadikan sebagai salah satu motivasi tersendiri bagi kader dan masyarakat Kelurahan Wirogunan dalam pemberdayaan masyarakat. Sementara bagi masyarakat di wilayah lokus kegiatan, yaitu di wilayah RW 08, RW 03, RW 02 dan RW 01 akan berdampak positif secara langsung.

"Kerjasama dan komunikasi menjadi kunci keberhasilan kegiatan evaluasi ini. Bersama kita bisa dan gotong royong modal utama, menjadi motivasi kita dalam melakukan kegiatan. Untuk itu, peran serta dan kontribusi semua pihak sangatlah menentukan kesuksesan perhelatan ini", kata Lurah yang belum genap satu tahun di Kelurahan Wirogunan.

Sementara Ketua TP PKK Kec. Mergangsan dan TP PKK Kel. Wirogunan menyampaikan informasi dari PKK Kota Yogyakarta dan indikator lomba KKG PKK KKBPK tingkat DIY. Secara administratif, akan disiapkan  oleh TP PKK Kelurahan, termasuk laporan kegiatan.

Selain itu, Ketua LPMK Wirogunan, yang juga sebagai panitia evaluasi, Abdul Razaq menjelaskan bahwa evaluasi ini terdiri dari administrasi dan kunjungan lapangan. Pembukaan dan administrasi serta tampilan kegiatan PKK dan Kampung KB akan dipusatkan di Kekurahan, baik pendopo Wiroguno, Gedung Serba Guna, rumah dr. Kiswarjanu dan ruang terbuka sekitar kelurahan. Disamping itu, kunjungan lapangan berada di RW 08, RW 03, RW 02 dan RW 01.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa Kampung KB yang dipusatkan di RW 03 akan menjadi perhatian khusus. Mengingat salah satu indikator yang akan dinilai dan akan menjadi daya tarik tersendiri adalah Kampung KB. Kampung KB terus melakukan pembenahan, baik secara administrasi maupun lingkungan, khususnya melengkapi administrasi Rumah Data.

Ketua Kampung KB, Arsanto menuturkan, kampung KB Bintaran masih relatif baru, namun kelengkapan administrasi menjadi prioritas kegiatan, disamping kegiatan lainnya. "Kita akan mengadakan rapat koordinasi tersendiri, namun sebelumnya akan berkoordinasi dengan pendamping Kampung KB, Ibu Yulia Suryani Dewi", pungkasnya.

Terus berikhtiar mempersiapkan diri menyambut perhelatan evaluasi KKG PKK KKBPK Tahun 2019 untuk menguatkan Pemberdayaan Masyarakat. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TPPKKWirogunan
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar untuk Kader Kelurahan Wirogunan Melaksanakan Rakordasi Persiapan Evaluasi KKG PKK KKBPK Tingkat DIY

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!