Jurus 10 Kambing

35058 medium kambing
Jurus 1o Kambing Memberantas Ketidakmampuan Ekonomi

saya adalah lulusan sarjana terapan pemerintahan, ada hal menarik yang saya lihat dari judul diatas, walau tidak bagitu paham dengan dunia peternakan, tapi bagi saya kambing memiliki kemampuan besar untuk mengentaskan kemiskinan kususnya bagi masyarakat pedesaan. 10 kambing dengan perbandingan 1 jantan : 9 betina sudah lebih dari cukup sebagai modal awal.  sebagaimana kita ketahui, kambing memiliki kemampuan reproduksi 2 sampai 3 ekor pertahun, jika 9 betina maka ada 27 atau 18 ekor + jika anak yang dilahirkan adalah betina maka bisa berlipat jumlah anaknya. dengan tersedianya anggaran atau dana desa yang besar pilihan pengembangan ternak kambing harusnya menjadi hal yang menjanjikan bagi masyarakat desa. pada tahapan tahun pertama, proses ditekankan pada peningkatan jumlah ternak tidak ada penjualan pada fase ini.

memasuki tahun kedua, jumlah kambing dapat diperkirakan tidak kurang dari 40 ekor, namun jika sangat maksimal pakan diberikan jumlah ini tentu bisa bertambah. pada tahun kedua ini, kambing dapat dijual sampai dengan 50% ekor dari jumlah yang ada sebagai biaya produksi dan modal lainnya pada tahun berikutnya. asumsi saya, pada tahun ketiga dan seterusnya penjualan bisa minimal 3 ekor perbulannya, dengan rata-rata harga kambing perekor 1,7 juta sampai dengan 2 juta rupiah. artinya ada sekitar 6 juta rupiah minimal omset peternak dalam sebulan, sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan peternak dan keluarga. sebagai nilai tambah jika disediakan pula jasa pemotongan. 

jika kita mau memanfatkan sumber daya yang tersedia, memaksimalkan kesempatan yang ada, perkara "miskin" itu hanya mental sebenarnya karena kalau miskin itu materi sesungguhnya jalan mencapai materi itu sangatlah banyak.

selamat mencoba!!
Sudah dilihat 63 kali

Komentar