Jogging Track Sempur Diharapkan Lahirkan Juara Dunia Lari

37717 medium sempur1
Oleh Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM --Wali Kota Bogor, Bima Arya, meresmikan jogging track Lapangan Sempur akhir pekan lalu.

Sebelumnya jogging track tersebut direvitalisasi Pemerintah Kota Bogor sejak empat bulan lalu. Dari sebelumnya batu merah berpasir menjadi rubber sintetis berwarna biru tua dengan total biaya revitalisasi Rp 2,3 Miliar.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, keberadaan jogging track ini tidak hanya sekedar untuk memuaskan dahaga warga Kota Bogor yang sekarang sudah mulai senang berlari. Tetapi juga untuk memunculkan 'zohri-zohri' baru dari Kota Hujan.

“Lintasan lari ini kita harapkan bukan saja mampu untuk memuaskan dahaga warga Kota Bogor yang mulai senang berlari, tetapi juga targetnya akan muncul Zohri (peraih juara dunia lari) baru dari Kota Bogor. Karena kita ingin Bogor ini menjadi salah satu kota di mana atletik, khususnya lari menjadi primadona,” ungkap Bima.

Dengan kualitas terbaik, lanjut Bima, jogging track Lapangan Sempur menjadi sangat ideal untuk lari. “Empuk, tidak berdebu, tidak becek, meminimalisir kemungkinan cedera. Selama ini pakai kerikil suka tergelincir dan keras,” terangnya.

Bima menjelaskan, kedepannya fasilitas olahraga dengan kualitas serupa juga akan dibangun di enam kecamatan yang ada di Kota Bogor. Sehingga warga yang ada di wilayah tidak perlu jauh-jauh ke Sempur untuk berolahraga.

“Nantinya Insya Allah sesuai janji kampanye kami akan bangun satu kecamatan, satu tepat olahraga seperti ini. Kita akan bangun di 6 kecamatan secara bertahap. Mungkin ada yang sudah berjalan tahun depan, paling tidak dalam tiga tahun masing-masing kecamatan punya fasilitas seperti ini dengan kualitas lapangan dan jogging track seperti ini.Tengahnya bisa dipakai buat sepakbola,” jelasnya.

Dalam pembukaan trek lari kualitas terbaik itu diisi dengan kegiatan yang sangat unik bertajuk ‘King of Sempur’. Sejumlah komunitas pelari dari Bogor dan sekitarnya ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Dalam mencari ‘King of Sempur’, masing-masing komunitas diwajibkan mengirimkan empat orang perwakilan. Dengan sistem relay, pemenang ditentukan melalui catatan waktu tercepat.

Keluar sebagai Raja Sempur adalah komunitas El Macho Adventure dengan mencatatkan waktu 3 menit empat detik. Posisi kedua ditempati komunitas Fajar Mas Murni (FMM) dengan 3 menit 9 detik, lalu disusul BRI Run di peringkat ketiga dengan catatan waktu 3 menit 12 detik dan di posisi keempat ada Hamster Team dengan waktu 3 menit 14 detik. Keempat juara tersebut berhak atas hadiah dengan total uang tunai Rp10 juta.

Koordinator El Macho yang juga pelatih atletik, Bugi Permana, mengatakan hasil race tadi sesuai apa yang diharapkan oleh tim.

“Ini buah dari latihan tim yang solid. Kami persiapkan, berlatih bersama. Bahkan, hasil catatan waktunya diluar ekspektasi kami. Saat latihan rata-rata waktunya 3 menit 12 detik. Hasilnya justru lebih cepat, yakni 3 menit 4 detik. Mungkin karena lapangannya baru, jadi anak-anak termotivasi,” ungkap Bugi.

Bugi berharap, kegiatan tersebut bisa rutin digelar sebagai upaya untuk mencari bibit-bibit pelari di Kota Hujan ini.

“Dengan trek lari karet sintetis ini mudah-mudahan semakin banyak atlet-atlet yang bisa dicetak Kota Bogor. Pastinya fasilitas baru ini bisa semakin meningkatkan minat warga untuk berolahraga,” jelasnya.

Editor : Andres Fatubun
Sudah dilihat 47 kali

Komentar