Jerawat Bisa Picu Depresi, Ini Faktanya

Header illustration
Bagi beberapa orang, munculnya jerawat sering kali menyebabkan tidak percaya diri. Namun, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa jerawat juga bisa memicu depresi.

Studi tersebut, yang dipublikasikan di British Journal of Dermatology, melakukan penelitian pada 134.427 pria dan wanita berjerawat dan 1.731.608 orang tanpa jerawat selama 15 tahun. Peserta dalam penelitian berusia 7–50 tahun dan sebagian besar berusia di bawah 19 tahun.


Melihat fakta tersebut, jerawat sebenarnya tidak hanya terkait dengan kulit saja, tetapi juga menyangkut kesehatan mental seseorang. Agar kondisi mental Anda tidak terpengaruh akibat gangguan kulit ini, ikuti beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat (atau mencegah memburuknya jerawat):

1. Gunakan make-up seperlunya

Saat Anda sedang berjerawat, hindari penggunaan foundation, bedak, atau blush on. Bila harus memakai kosmetik, jangan lupa untuk membersihkan wajah setelahnya. Selain itu, pilihlah make-up yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Hindari paparan sinar matahari terlalu lama

Sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan pada jerawat, memperlambat penyembuhan bekas jerawat, bahkan berisiko meninggalkan pigmentasi pada kulit. Karena itu, gunakan selalu tabir surya SPF 30 atau lebih saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

3. Rutin olahraga Olahraga

secara teratur sangat baik untuk tubuh, termasuk untuk kulit. Hindari penggunaan baju atau alat olahraga yang dapat mengiritasi kulit. Segeralah mandi setelah keringat kering usai berolahraga.

4. Pakai pelembap

Beberapa produk penghilang jerawat mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kulit kering. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap agar terhindar dari kulit kering dan pengelupasan kulit. Pilihlah pelembap yang khusus untuk kulit berjerawat.

5. Rileks

Beberapa studi mengaitkan munculnya jerawat dengan stres. Nah, jika tak ingin wajah dimunculi jerawat, Anda harus tahu bagaimana caranya menaklukkan stres ini. Misalnya, dengan melakukan hobi, mendengarkan musik, meditasi, curhat dengan teman atau keluarga, berlibur, dan sebagainya.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering terjadi. Dan salah satu jenis jerawat yang paling menjengkelkan adalah jerawat yang singgah di area wajah. Segera atasi jerawat Anda agar tidak memicu gangguan kesehatan lainnya, salah satunya depresi.

[RS/ RVS]
Sumber: klikdokter.com
Sudah dilihat 32 kali

Komentar