Jangan Lupa! Hari Ini Pendaftaran SBMPTN Dibuka, Berkas & Begini Cara Lengkap Daftarnya

63366 medium post 68382 0a714fd0 4aa0 46ed bbf1 2e929ef02a0f 2019 06 10t10 18 11.032 08 00
Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019 akan dimulai tanggal 10 Juni 2019 jam 13.00 WIB dan berakhir pada 24 Juni 2019.
Terkait hal itu, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) Prof. Ravik Karsidi melalui rilis resmi (9/6/2019) mengingatkan kepada para " pejuang SBMPTN" beberapa hal terkait pelaksanaan pendaftaran SBMPTN 2019 yang akan berlangsung besok (10/6/2019).
Berikut 8 informasi penting pihak LTMPT sehubungan dengan pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi SBMPTN:
1. Diharapkan kepada para calon pendaftar agar memperhatikan secara teliti dan cermat semua ketentuan persyaratan dan tahapan pendaftaran SBMPTN 2019.
2. Sebagaimana telah diatur Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018 bahwa kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40%(empat puluh persen) dari Daya Tampung Program Studi di PTN.
 
Home
 » 
Kampus
Jangan Lupa! Hari Ini Pendaftaran SBMPTN Dibuka, Berkas & Begini Cara Lengkap Daftarnya
Senin, 10 Juni 2019 08:48
 

Sekresbmptn
Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Mulai Pukul 13.00 WIB Hari ini, Simak Panduan Lengkap Cara Daftarnya 
3. Sebagai pertimbangan, program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https:// sbmptn. ltmpt.ac.id
4. Bagi peserta pelamar program Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran yang ada di laman resmi bidikmisi.
5. Calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 dan calon peserta non-Bidikmisi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.
6. Apabila ada hal perlu ditanyakan terkait dengan SBMPTN 2019, dapat mengubungi HelpDesk http://halo.ltmpt.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id atau hubungi call center 0804 1 450 450. Informasi resmi juga dapat diperoleh di kantor Humas PTN terdekat.
7. Kepada masyarakat dan khususnya para calon pendaftar SBMPTN 2019, diberitahukan LTMPT tidak menjalin kerjasama dengan pihak manapun dalam pelaksanaan SBMPTN 2019.
8. Semua informasi resmi dan setiap terjadi perubahan ketentuan berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019 selalu diinformasikan melalui laman resmi di http://sbmptn.ac.id.
"Peserta tidak perlu berjubel mendaftar di awal sebab (waktu pendaftaran) disiapkan panitia cukup lama yaitu 10-24 Juni," pesan Ketua LTMPT kepada Kompas.com melalui pesan singkat untuk disampaikan kepada "pejuang SBMPTN".
Syarat pendaftaran
1. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulus tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah. 
2. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulus tahun 2019 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru dengan ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel sah.
3. Peserta memiliki nilai UTBK.
4. Peserta memiliki kesehatan memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
5. Peserta memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
6. Peserta memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.
7. Biaya UTBK ditanggung peserta dan subsidi pemerintah.
8. Peserta tidak lulus jalur SNMPTN 2019.
“Untuk mengikuti SBMPTN 2019, siswa SMA/SMK/MA/sederajat lulusan tahun 2017 dan 2018 telah memiliki ijazah, dan juga memiliki nilai UTBK. Jalur SBMPTN ini untuk siswa-siswi yang tidak lulus jalur SNMPTN 2019," tegas Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto, seperti diwartakan Kompas.com, Selasa (29/1/2019).
Tahapan pendaftaran
Adapun tahap pendaftaran SBMPTN 2019 yang harus dilakukan yaitu dengan mengakses ke http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id dan mengikuti cara sebagai berikut:
1. Peserta mengisi biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
2. Peserta memilih PTN dan program studi dengan ketentuan dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
3. Peserta mengunggah formulir portofolio bagi yang memilih program studi bidang seni dan olahraga.
Tata cara pengisiannya bisa diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id
Peserta mengunggah dokumen lain sesuai syarat pendaftaran SBMPTN 2019.
Borang Portofolio
Khusus untuk pendaftar program studi bidang seni dan olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2019. Jenis Portofolio SBMPTN 2019 adalah:
Portofolio Olahraga
Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
Portofolio Tari (termasuk Sendratasik opsi Tari)
Portofolio Teater (termasuk Sendratasik opsi Teater/Drama)
Portofolio Musik (termasuk Sendratasik opsi Musik)
Portofolio Seni Karawitan
Portofolio Etnomusikologi
Portofolio Fotografi
Portofolio Film dan Televisi
Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan
Kelompok program studi dan jumlah pilihan pada SBMPTN 2019 adalah sebagai berikut.
Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum
Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun.
Program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id 
Peserta Pelamar Program Bidikmisi
Berikut adalah persyaratan pendaftar Bidikmisi:
Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mendaftar UTBK di laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2019, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.
Jadwal kegiatan SBMPTN 2019 adalah sebagai berikut.
Pendaftaran SBMPTN                   : 10 – 24 Juni 2019
Pengumuman Hasil SBMPTN      : 9 Juli 2019 (pukul 15.00 WIB)
5 Tips Memilih Jurusan Favorit di SBMPTN 2019
Calon peserta SBMPTN pastinya akan memilih jurusan di PTN favorit masing-masing.
Namun, keterbatasan daya tampung dan ketatnya persaingan masuk PTN membuat "pejuang SBMPTN" harus mengatur strategi dan memikirkan cara terbaik untuk bisa lolos SBMPTN.
Terkait hal itu, berikut 5 kiat berikut yang bisa dilakukan agar bisa diterima di jurusan impian: 
1. Yakin dengan pilihan
Peserta SBMPTN harus yakin jurusan yang dipilih sudah sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan diri.
Mintalah saran dan rekomendasi dari orang terdekat atau bila perlu berkonsultasi dengan tenaga profesional yang bisa dipercaya.
Perlu diingat, pertimbangan mereka hanya bersifat sebagai masukan.
Keputusan menentukan pilihan tetap berada di tangan masing-masing. Kesampingkan perasaan gengsi dan ikut-ikutan dengan teman.
Sebab, saat nanti diterima di jurusan favorit itu, calon mahasiswa sendiri yang akan menjalani dan berjuang menyelesaikan hingga akhir studi.
2. Skor tinggi
Pastikan calon mahasiswa memiliki bekal berupa skor cukup untuk bisa lolos di SBMPTNtahun ini.
Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai jumlah skor minimal dibutuhkan.
Informasi didapat dari berbagai situs resmi pemerintah dan penjelasan sejumlah sumber yang banyak beredar di internet.
Harap berhati-hati dalam menyaring informasi, perhatikan isi dan keterangan dan pastikan itu bisa dipercaya.
3. Tentukan prioritas
Sudah umum diketahui jurusan yang menjadi pilihan pertama merupakan akan menjadi prioritas penentu.
Adapun pilihan kedua menjadi alternatif namun tetap harus dipilih sesuai kemampuan.
Untuk itu, sadari kembali dan benar-benar pikirkan secara matang dalam menentukan pilihan jurusan agar bisa diterima di SBMPTNtahun ini.
4. Jangan asal pilih
Salah satu cara biasa dilakukan peserta supaya bisa lolos SBMPTN yaitu memilih jurusan peminat sedikit sehingga persaingan tidak begitu ketat.
Bisa saja itu dterapkan, tetapi jangan asal menentukan pilihan.
Pastikan pilihan itu tetap sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing agar saat menjalani kuliahnya nanti tidak menjadi beban karena tidak suka dengan jurusan tersebut.
5. Ada alternatif lain
Tidak perlu berlama-lama kecewa jika nanti tidak diterima di jurusan PTN yang dipilih meski sudah melakukan persiapan sebaik mungkin.
Masih ada alternatif lain melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Calon mahasiswa bisa mengambil jalur seleksi mandiri atau memilih jurusan sama  di PTN atau perguruan tinggi swasta ( PTS).
Selain PTN jalur mandiri, banyak juga PTS di Indonesia menyediakan berbagai jurusan favorit dengan kualitas tidak kalah dari PTN dari sisi mutu pendidikan maupun peluang kerja di masa depan.
Hindari 5 Kesalahan Ini
Semua peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi  Negeri ( SBMPTN) tentu mengharapkan bisa diterima di jurusan favorit masing-masing.
Sebab, masuk perguruan tinggi negeri ( PTN) menjadi impian hampir setiap orang dan akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk bisa menjadi mahasiswadi sana.
Tidak heran, setiap tahun persaingan ketat selalu terjadi untuk bisa lolos SBMPTN, termasuk tahun ini.
Maka dari itu, bijaklah memilih jurusan di PTN dituju. Sesuaikan dengan bakat, minat, dan kemampuan masing-masing.
Perhatikan juga beberapa kesalahan yang harus dihindari peserta SBMPTN agar tidak salah memilih jurusan.
Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari:
1. Tidak menyadari kemampuan
Sebelum memilih jurusan, sadari terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan.
Jujurlah pada diri sendiri dan tidak perlu ikut-ikutan teman atau paksaan dari keluarga sehingga memilih jurusan hanya demi gengsi atau ingin dibilang keren.
Pilih jurusan dan kampus yang sesuai dengan minat dan kemampuan.
Beberapa kegagalan lolos SBMPTN sering kali terjadi karena kurang persiapan latihan mengerjakan soal dan memilih jurusan dengan passing grade terlalu tinggi.
2. Kurang melakukan penelitian
Sangat penting untuk memilih jurusan yang pas. Cobalah melakukan penelitian kecil-kecilan mengenai jurusan yang akan dipilih.
Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang seluk-beluk jurusan itu, milsanya mata kuliah diajarkan, dosen, fasilitas, dan biaya kuliah.
Penting juga mengetahui peluang kerja dari jurusan dipilih karena akan menentukan prospek karier yang akan dijalani masa mendatang.   
3. Pengaruh teman
Salah satu kesalahan dilakukan peserta SBMPTNadalah belum siap meninggalkan masa-masa indah bersama teman-teman SMA.
Bayang-bayang mereka masih begitu kuat karena menjadi orang-orang dekat dalam tiga tahun terakhir.
Pengaruh itu pun terbawa saat memilih jurusan di PTN.
Tidak sedikit orang memilih jurusan SBMPTNkarena ikut-ikutan teman-teman meski sebenarnya dia sendiri tidak suka jurusan itu dan bahkan tidak mampu untuk menjalaninya nanti.
Maka dari itu, pikirkan terlebih dahulu secara matang karena ini menyangkut masa depan masing-masing.
4. Paksaan keluarga
Orangtua dan anggota keluarga juga berperan penting dalam menentukan pilihan di suatu jurusan.
Tidak jarang terjadi bahwa orangtua memaksakan kehendak kepada anak karena merasa pilihannya benar dan sesuai pengalaman.
Namun, tidak selamanya pendapat orangtua benar karena zaman sudah berubah. 
Untuk itu dibutuhkan diskusi dengan orangtua untuk membahas bila pilihan jurusan berbeda dengan harapan orangtua.
Usahakan cari jalan tengah dan solusi terbaik. Selalu ada jalan keluar jika suatu masalah dibicarakan baik-baik.
5. Jurusan sedikit peminat
Memilih jurusan dengan peminat agar lolos SBMPTN bukan berarti akan diterima dengan mudah.
Yang terpenting, belum tentu jurusan tersebut sesuai minat dan kemampuan.
Bisa saja peserta akan diterima di jurusan tersebut tetapi akan kesulitan saat menjalani kuliah nanti karena sebenarnya memang tidak suka dengan pilihan itu.
Sekali lagi, tetap sesuaikan pilihan jurusan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Jadilah diri sendiri karena peserta sendiri yang akan menjalaninya.
sumber : makassar.tribunnews.com
Sudah dilihat 168 kali

Komentar