Jamkeswatch Sosialisasikan Relawan Kesehatan Di Rumah Pelangi Bekasi

26060 medium jamkeswatch rumah pelangi 1 26061 medium jamkeswatch rumah pelangi 2
Minggu, 27 Mei 2018. Direktur Hukum dan Advokasi Jamkeswatch M. Nurfahrozi mengadakan diskusi dengan relawan Rumah Pelangi Bekasi. Diskusi yang diisi dengan sosialisasi dan tanya jawab ini bertujuan untuk menambah pemahaman dan pengetahuan bagi para relawan Rumah Pelangi Bekasi terkait Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan dan pengenalan Jamkeswatch.

Diskusi interaktif dan non-formal ini berjalan cukup singkat namun mendapat sambutan pertanyaan yang semua dapat dijawab dengan baik oleh M. Nurfahrozi yang akrab disapa Bang Ozi.
"Awalnya kedatangan saya ke Rumah Pelangi Bekasi ini hanya berniat silaturahim, dari hasil bincang-bincang dengan beberapa pengurus mencuatlah permasalahan mengenai isu-isu seputar jaminan kesehatan dan kendala-kendalanya. Kemudian saya diminta menjelaskan secara singkat mengenai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan dan pengenalan Jamkeswatch" jelas Bang Ozi.

Pertanyaan yang muncul lebih ke persoalan teknis di lapangan seperti soal perbedaan data pada KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan data di kependudukan akibat perubahan alamat saat pemekaran RW di desanya, mengenai seputar rujukan dari fasilitas kesehatan, fakta bahwa masih ada warga yang belum memiliki jaminan kesehatan apapun dan beberapa masalah terkait pendaftaran dan lain-lain.

"Pertanyaan-pertanyaan teknis seperti itu tidak bisa dijawab dengan teori, karenanya apa yang sudah Bang Ozi jelaskan cukup membantu teman-teman untuk memahami tindakan-tindakan seperti apa yang dapat dilakukan selanjutnya jika ada masalah demikian." ungkap Tria Haris selaku ketua Rumah Pelangi Bekasi.

Senada dengan itu, Muhaidin Darma, salah satu pengurus Rumah Pelangi Bekasi juga berharap dengan bimbingan Jamkeswatch relawan di Rumah Pelangi Bekasi ke depannya dapat berperan lebih banyak untuk masyarakat sekitar.

"Kami di Rumah Pelangi berharap diskusi singkat ini menjadi awal yang baik untuk kerjasama ke depannya, semoga Jamkeswatch dapat selalu berbagi dan membimbing kami agar relawan di Rumah Pelangi dapat lebih berguna bagi masyarakat khususnya terkait masalah advokasi dan pendampingan kesehatan" jelas Muhaidin.
Sudah dilihat 49 kali

Komentar