Jamaah Umroh meninggal Dunia di Tanah Suci, Keluarga Ikhlas

8 December 2019, 07:52 WIB
1 0 1831
Gambar untuk Jamaah Umroh meninggal Dunia di Tanah Suci, Keluarga Ikhlas
Keluarga Haru dan Mengikhlaskan Almarhum


Banjar, Kopang. Masyarakat suku Sasak di Lombok pada umumnya menganut agama islam sehingga setiap ada orang yang meninggal ada beberapa proses yang harus dilalui. Pertama kali yang dilakukan adalah memukul beduk dengan irama pukulan yang panjang atau bisa di umumkan di Masjid terdekat. Hal ini sebagai pemberitahuan kepada masyarakat bahwa ada salah seorang warga yang meninggal. Setelah itu maka masyarakat berdatangan baik dari desa tersebut atau desa-desa yang lain yang masih dinyatakan ada hubungan keluarga, kerabat, sahabat dan handai taulan. Kedatangan masyarakat ke tempat acara kematian tersebut disebut belangar ( Melayat ). Tradisi belangar bertujuan untuk menghibur teman, sahabat yang di tinggalkan mati oleh keluarganya, mereka biasanya membawa beras seadanya guna membantu meringankan beban yang terkena musibah. (Kompasiana. com)

Innalillahi wainna ilaihiroji’un. Kabar duka berasal dari pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Salah seorang warga Sasak meninggal dunia pada Sabtu (7/12/2019).

Kabar meninggalnya Warga dusun Banjar Desa Kopang Rembiga yang kerap dipanggil Amaq Di ini mengundang duka mendalam bagi keluarga,tetangga dan warga yang mengenalnya dikarenakan almarhum memiliki pribadi yang santun dan ramah. Amaq Di meninggal dunia ketika melaksanakan umroh di tanah suci, beliau di diagnosa mengidap penyakit maag kronis,” ucap Bapak Dedi Putra Almarhum Amaq Di.

Meninggal di Mekkah atau Madinah, terutama saat melaksanakan ibadah haji, termasuk sebuah keutamaan dan kehormatan. Bahkan keutamaan dan pahala meninggal di tanah haram adalah masuk surga tanpa hisab.

Selain itu, keutamaan meninggal di salah satu tanah haram, Mekkah dan Madinah, akan mendapatkan syafaat dari Nabi SAW kelak di hari kiamat.

Terakhir, saya selaku penulis memohon kepada pembaca agar berkenan menyempatkan waktu memberikan doa kepada almarhum yaitu, “Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ mudkhalahu waghsilhu bilmaa`i wats tsalji wal baradi wa naqqihi minal khathaayaa kamaa naqqaitats tsaubal abyadla minad danasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabil qabri au min ‘adzaabin naar”.
Yang artinya yaitu, “Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnyak, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya -di dunia- dengan rumah yang lebih baik di akhirat serta gantilah keluarganya di dunia dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka).” (HR. Muslim)

Semoga keluarga bisa tegar dan tabah dalam menghadapi ujian dari Allah SWT, amiiin ya robbal alamiiin ..
Terima Kasih..
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.... 🤲🙏🙏

  Komentar untuk Jamaah Umroh meninggal Dunia di Tanah Suci, Keluarga Ikhlas

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Dugaan Pencemaran Nama Baik, Hendly Tempuh Jalur Hukum

    Sandy Makal  di  Palu Kota  |  15 Jan 2020
  2. Rahmat Effendi Terjun Langsung Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

    Indra Gunawan  di  Jatiasih, Bekasi Kota  |  12 Jan 2020
  3. BANYUWANGI SIAGA BENCANA

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  10 Jan 2020
  4. RAPAT PERSIAPAN KOMUNITAS SENIMAN GURU LOMBOK TENGAH.

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  11 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 9
    Komentar

    PENGENDANG BANYUWANGI (FATWA AMIRULLAH)

    fatwa amirullah kendang  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020
  2. 7
    Komentar

    MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  3. 5
    Komentar

    SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. 5
    Komentar

    BPBD BANYUWANGI SIAGA BENCANA(diklat pmi)

    Hendika Londho  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020