JAMA'AH AL-MUTHMAINNAH DUA KALI SHALAT IED

5 June 2019, 10:39 WIB
4 0 130
Gambar untuk JAMA'AH AL-MUTHMAINNAH DUA KALI SHALAT IED
Pengenjek (05/06) - Gema takbir terdengar menyambut datangnya hari kemenangan. Alunan beduk dan kembang api turut meramaikan indahnya suasana pagi. Jutaan umat muslim di seluruh dunia bersuka cita menyiapkan pelaksanaan shalat Iedul Fitri sebagai ritual sunnah yang akan di jalani. Mereka berkumpul di tanah lapang, gedung pemerintahan dan masjid untuk menjalankan shalat di hari kemenangan sebagai bukti ketaqwaan kepada Ilahi.

Pemandangan berbeda disaat pelaksanaan shalat Iedul Fitri yang berlangsung di Masjid Jami' Al-Muthmainnah desa Pengenjek. Tidak seperti masjid pada umumnya masjid Al-Muthmainnah menyelenggarakan 2 kali shalat Ied, yaitu shalat Ied bagi laki-laki dan perempuan. Ini dikarenakan tradisi yang sudah turun temurun dilakukan dari orang tua dulu hingga sekarang. Akan tetapi pelaksanaan shalat Ied tidak melanggar ketentuan syariat yang diajarkan dalam agama Islam.

Pada pelaksanaannya, shalat Ied pertama diberikan kepada jama'ah perempuan (bini) dengan dipimpin oleh seorang imam laki-laki tanpa khutbah hari raya yang dilanjutkan dengan do'a dan diakhiri dengan halal bihalal. Sedangkan shalat Ied yang kedua diperuntukkan bagi jama'ah laki-laki. Waktu yang dibutuhkan lebih lama bila dibandingkan bini karena khutbah hari raya disampaikan pada saat itu. (aa)

  Komentar untuk JAMA'AH AL-MUTHMAINNAH DUA KALI SHALAT IED

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!