ISTA

27 May 2017, 13:38 WIB
7 0 257
Gambar untuk ISTA
5/27/17, 12:18:43 PM: ‪+62 812‑7923‑5583‬: *_ISTA (Indonesia Sutainable Tourism Award) Tahun 2017_*

Pariwisata merupakan salah satu industri terbesar dan tercepat perkembangannya di dunia. Sektor ini memberikan kontribusi yang besar untuk perkembangan ekonomi, pengurangan kemiskinan, penyerapan tenaga kerja dan berbagai dampak positif lainnya (ekonomi, sosial, politik, dan budaya). Kepariwisataan nasional Indonesia tahun 2015 secara makro menunjukkan perkembangan dan kontribusi yang terus meningkat dan semakin signifikan terhadap PDB nasional sebesar 4,23% atau senilai Rp. 461,36 triliun, dengan peningkatan devisa yang dihasilkan mencapai US$ 11,9 milyar dan tenaga kerja sebanyak 12,16 juta orang. Selain itu, peningkatan jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 10,4 juta dan wisatawan nusantara sebanyak 255,20 juta perjalanan. Sektor ini secara signifikan memberi dampak positif dan riil bagi pembangunan nasional dan kesejahteraan masyarakat. Kementerian Pariwisata menetapkan sektor pariwisata menjadi core business ekonomi nasional dalam hal pendapatan ekspor, pencipta lapangan pekerjaan, pengembangan perusahaan dan pembangunan infrastruktur daerah.

Begitu vitalnya peran sektor pariwisata menuntut seluruh pihak atau stakeholders untuk mengembangkan sektor ini secara berkelanjutan (sustainable). Selain peran penting dan dampak positif yang dihasilkan oleh sektor pariwisata, sektor ini juga membawa dampak negatif pada destinasi. Apabila tidak dikelola dengan prinsip berkelanjutan maka sektor pariwisata dapat berdampak negatif bagi masyarakat lokal, lingkungan alam, dan ekonomi.

Untuk itu, pengembangan pariwisata yang berkelanjutan menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan serta perlu mendapat perhatian penuh dan mendesak untuk segera dilakukan dengan usaha-usaha yang kongkrit. Dalam rangka mempercepat pembangunan pariwisata berkelanjutan secara nasional, Kementerian Pariwisata berkomitmen untuk memberikan penghargaan pariwisata kepada destinasi-destinasi pariwisata nasional yang telah menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan dalam mengelola destinasinya.

Pemberian penghargaan ini sejalan dengan rencana strategis pembangunan pariwisata nasional, regional dan global yang menjadikan pariwisata berkelanjutan sebagai dasar dan arahan pengembangan.

Pemberian penghargaan ini bertujuan untuk :
(1) memberikan rekognisi terhadap pihak-pihak yang telah berupaya menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan dalam pengembangan destinasi pariwisata yang telah melalui proses sertifikasi destinasi untuk memotret implementasi dari prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan di berbagai destinasi di Indonesia,
(2) mendorong lahirnya berbagai inovasi atas produk-produk pariwisata berkelanjutan dan partisipasi serta kerjasama sektor publik maupun swasta dalam pembangunan pariwisata di tingkat destinasi,
(3) menstimulasi agar semakin banyak destinasi yang menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan dan sebagai ajang promosi serta branding bagi destinasi pariwisata baik di tingkat nasional maupun internasional dalam rangka mengakselerasi kunjungan wisata ke Indonesia.

Para Pemenang penghargaan di Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) ini nantinya akan diajukan ke penghargaan serupa di tingkat ASEAN, yaitu ASEAN Sustainable Tourism Award (ASTA). Kami menghimbau agar seluruh destinasi segera mendaftarkan diri untuk mengikuti ISTA 2017. Bagi yang ingin mendaftar diharapkan dapat membaca buku pedoman ISTA dan lampiran-lampirannya dengan hati-hati dan menyeluruh. Seluruh dokumen persyaratan kami harap dapat disampaikan tepat waktu sesuai jadwal yang telah diberikan ke alamat email: ISTA@kemenpar.go.id.

Salam Pesona Indonesia.....!!!!!

  Komentar untuk ISTA

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Komposisi Pembuatan Larutan Disinfektan

    Hendra Gilang  di  Malang Kota  |  23 Mar 2020
  2. Lawan Corona, Karang Taruna Desa Kedung Jaya melakukan kegiatan spraying Desinfektan

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  25 Mar 2020
  3. KARANG TARUNA BUNI BAKTI MENGGANDENG FORUM REMAJA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  28 Mar 2020
  4. RELAWAN APIK LAKUKAN PENGGALANGAN DANA DONASI COIN CORONA

    Abdul Hakim Sanii  di  Tarumajaya, Bekasi Kabupaten  |  27 Mar 2020

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Merindukan Bale Bangket Buger (MB3)

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  27 Mar 2020
  2. 5
    Komentar

    PUSKESDES (Pusat Kesehatan Desa)

    Emy sibat mojopanggung  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  26 Mar 2020
  3. 3
    Komentar

    PMI BANYUWANGI SIAP BANTU WARGA LAWAN CORONA

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  27 Mar 2020
  4. 2
    Komentar

    PMI BANYUWANGI LAWAN COVID-19 SAMPAI LOKASI BONGKAR MUAT MARINA BOOM BEACH

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  27 Mar 2020