IPB Tiga Besar Perguruan Tinggi Terbaik Se-Indonesia

20 August 2019, 15:31 WIB
0 0 110
Gambar untuk IPB Tiga Besar Perguruan Tinggi Terbaik Se-Indonesia
IPB University kembali menduduki peringkat tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia, berada di bawah ITB dan UGM yang menduduki posisi pertama dan kedua.

Peringkat tersebut ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia tahun 2019. Klasterisasi perguruan tinggi di Indonesia dimaksudkan dalam rangka mendorong agar perguruan tinggi di Indonesia semakin maju dan mendunia.

"Pemeringkatan dan klasterisasi ini sangat penting sebagai bentuk evaluasi terhadap kinerja perguruan tinggi di Indonesia. Dengan adanya klasterisasi dan pemeringkatan ini diharapkan perguruan tinggi di Indonesia semakin baik, maju, dan mendunia," ungkap Mohammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui siaran pers Humas IPB, Sabtu (17/8/2019).

Ia menerangkan, terdapat empat kriteria utama yang digunakan dalam klasterisasi ini yaitu input, proses, output, dan outcome.

"Persentase outcome paling besar karena dari outcome inilah peran perguruan tinggi dapat terlihat di masyarakat," tutur Mohammad Nasir.

Ada indikator baru, lanjut Nasir, yang digunakan dalam penilaian tahun ini, yaitu jumlah dosen asing, pembelajaran daring, kelengkapan laporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), laporan keuangan, persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan selama enam bulan, jumlah sitasi per dosen, dan jumlah patent per dosen.

"Selamat kepada perguruan tinggi yang telah memperoleh prestasi yang baik ini, mudah-mudahan dengan mendapat prestasi membanggakan ini, perguruan tinggi semakin lebih baik dan semakin mendunia," pungkas Nasir.

Terkait prestasi yang didapatkan Rektor IPB University, Dr. Arif Satria mengaku senang dan bangga.

"Alhamdulillah IPB kembali masuk tiga besar perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, ini adalah sebuah penghargaan dari Ristekdikti, yang merupakan hasil kerja keras kita semua," tuturnya.

Menurutnya, prestasi membanggakan ini diperoleh atas kinerja IPB di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen perguruan tinggi, dan termasuk unggulan inovasi.

Dengan diperolehnya prestasi membanggakan ini, Dr. Arif Satria berharap dapat memotivasi seluruh warga IPB untuk terus berupaya semakin maju dan semakin profesional.

Di sisi lain, dengan prestasi yang diperoleh IPB University ini, Arif Satria berharap dapat memotivasi generasi muda untuk meningkatkan perhatiannya terhadap pertanian Indonesia.

"Mestinya prestasi ini juga dapat menjadi perhatian bagi siswa-siswi SMA di seluruh penjuru nusantara. Diharapkan siswa-siswi terbaik dapat masuk IPB untuk memajukan pertanian Indonesia," pungkasnya.

---------
Sumber: AyoBogor.com
Penulis: Husnul Khatimah
Editor : Andres Fatubun

  Komentar untuk IPB Tiga Besar Perguruan Tinggi Terbaik Se-Indonesia

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Tetangga suplai logistik warga isolasi mandiri di Kepatihan

    Deni Suryanti  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. Geliat Mahasiswa Menggelar Lapak Baca Gratis untuk Masyarakat

    Nensi Indri  di  Gresik  |  13 Oct 2020
  3. TPS 075 Gelar Pertemuan Perdana Anggota KPPS

    Galih Bayu Aji  di  Jebres, Surakarta Kota  |  14 Oct 2020
  4. Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Rogoh Kocek Pribadi, Kades Rancadaka Perbaiki Jalan Kabupaten Sepanjang 1 KM

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Pusakanagara, Subang  |  13 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    Penanganan Kebersihan Pasca Aksi Penyampaian Pendapat

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Gambir, Jakarta Pusat  |  14 Oct 2020
  3. 2
    Komentar

    TPS 075 Gelar Pertemuan Perdana Anggota KPPS

    Galih Bayu Aji  di  Jebres, Surakarta Kota  |  14 Oct 2020
  4. 2
    Komentar

    Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020