Inovatif : Raport Keluarga Disabilitas

29 August 2019, 10:16 WIB
5 0 315
Gambar untuk Inovatif : Raport Keluarga Disabilitas
Perhatian dan intervensi atas warga yang berkebutuhan khusus/disabilitas tidak hanya menjadi tanggungjawab keluarga, namun kita ikut berkontribusi dan mengambil bagian membantu penyandang disabilitas.

Salah satu upaya awal dalam kontribusi dan membantu penyandang disabilitas adalah dengan mengetahui kondisi keluarga dan penyandang disabilitas. Kelurahan Wirogunan, LPMK dan IPSM Kel. Wirogunan hari ini Kamis (29/8/2019) melaksanakan Kegiatan Intervensi Disabilitas dengan agenda Pengisian Buku Rapor Keluarga Disabilitas.
Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan, yang dihadiri Penyandang Disabilitas/Keluarga Disabilitas dan pendamping dari IPSM.

Buku Rapor Keluarga Disabilitas dimaksudkan untuk mengetahui kondisi riil penyandang disabilitas dan keluarganya, yang terdiri dari identitas disabilitas dan keluarganya, pendapatan, rumah tinggal, kesehatan, ketrampilan, alat bantu, jenis bantuan yang telah diterima dan jenis pelatihan yang dibutuhkan penyandang disabilitas dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kondisi penyandang disabilitas dan keluarganya. Buku Rapor Keluarga Disabilitas sebagai salah satu upaya Kel. Wirogunan, LPMK dan IPSM dalam merencanakan program dan bentuk intervensi berikutnya. Program Intervensi akan sesuai dan berhasil baik, bila mempunya basis data valid atas kondisi penyandang disabilitas.

Lurah Kelurahan Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami mengatakan bahwa upaya ini, sebagai langkah awal untuk mengetahui, memahami dan sebagai dasar dalam intervensi bagi penyandang disabilitas dalam waktu mendatang. "Selama ini, kita belum memiliki data lengkap Disabilitas dan mengalami kesulitan dalam intervensi", ujar ibu satu anak ini.

Disamping itu, dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan Aji Mustafa dari Bantul, yang juga penyandang disabilitas untuk memberikan motivasi kepada penyandang disabilitas dan keluarganya. Saat ini Aji Mustafa tergolong sukses dalam bisnis katering dan produksi aneka tas, baik pria maupun wanita, walau penyandang disabilitas. Berbagi pengalaman atas perjalanan hidup seorang Aji Mustafa diperlukan untuk memotivasi dan menambah wawasan bagi penyandang disabilitas maupun keluarganya. Ayah tiga anak dari Purbalingga ini menjelaskan bahwa sebagai penyandang disabilitas bukanlah orang yang terpinggirkan, tidak berarti, menggantungkan pada orang lain dan bukan pula kita yang meminta. Bersyukur dan melakukan tindakan sebagai bentuk syukur adalah salah satu cara move-on agar bermakna dalam hidup. "Punya mimpi jauh ke depan, perlu ada dalam diri penyandang disabilitas, karena pada dasarnya setiap diri punya kelebihan. Keluarga yang memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas, adalah orang pilihan dan pasti mampu menjalankan hidup bersama penyandang disabilitas. "Kondisi penyandang disabilitas adalah kondisi terbaik dan insyaaAllah memiliki kelebihan, maka perlu berprasangka baik kepada Tuhan dan memanfaatkan kesempatan tersebut*, ujar pria yang saat ini tinggal bersama keluarganya di Bantul.

InsyaaAllah, ikhtiar ini sebagai langkah Bergerak, Berbuat dan Bermanfaat bagi Masyarakat.

Memanfaatkan Hidup untuk Hidup Bermanfaat

#AbdulRazaq
#SemarakWirogunan
#BerbuatBagiorang lain.


#IntervensiDisabikitas

  Komentar untuk Inovatif : Raport Keluarga Disabilitas

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  2. "Gerakan Serentak Penegakan Protokol Covid-19" di Jalan Tamansiswa, Wirogunan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  21 Oct 2020
  3. Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. Ini Reaksi Tubuh Saat Covid19 Menyerang

    Muh Agung  di  Solokuro, Lamongan  |  18 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    NO ONE LEFT BEHIND

    Sulis Jember  di  Jember  |  13 jam lalu
  3. 2
    Komentar

    Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. 2
    Komentar

    Sebagian Kain Menghasilkan Mikroplastik Ketika Dicuci

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Songgon, Banyuwangi  |  18 Oct 2020