Inkonsistensi jalur jadi salah satu penyebab kemacetan di Jakarta

3679 medium macet 1
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana melakukan perluasan pedestrian di kawasan Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin. Selain untuk memberikan ruang pada pejalan kaki, ini juga bertujuan memperbaiki konsistensi jalan di Jakarta.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan, salah satu penyebab kemacetan adalah tidak konsistensinya jumlah jalan. Hal ini membuat kemacetan saat terjadinya penyempitan, semisal dari tiga jalur menjadi dua jalur.

"Pelebaran pedestrian itu mencakup konsistensi lajur. Kemacetan ini disebabkan juga konsisten atau tidak. Berbagai upaya kami lakukan itu bagaimana agar mengkonsistensikan jumlah jalur," ungkapnya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (2/5).

Setelah jalur ini dirapikan, Tuty mengatakan, kemudian secara simultan persiapan transportasi umum akan dilakukan. Dalam merealisasikan rencana perbaikan jalur ini Pemprov DKI Jakarta tidak perlu melakukan perubahan aturan, hanya perlu membangunnya.

"Jadi ini penataan secara terpadu kawasan yang nanti akan dilalui transportasi massal. Menyangkut right of way. Jadi tidak mengubah apa-apa. Wong jalan sudah ada tinggal ditata ulang," tutupnya.
Sudah dilihat 117 kali

Komentar