Ini Tips Atasi Ketakutan Anak Terhadap Dokter Gigi

21 March 2019, 9:25
1 0 50
Gambar untuk Ini Tips Atasi Ketakutan Anak Terhadap Dokter Gigi
Oleh : Fira Nursyabani

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Sebagai orangtua, Anda pasti pernah menghadapi anak yang tidak mau memeriksakan giginya ke dokter gigi karena takut. Orangtua dapat menyiasati perasaan anak-anak yang takut terhadap dokter gigi dalam kunjungan rutin mereka dengan menonjolkan kegembiraan dan manfaat pemeriksaan gigi.

"Usahakan perjalanan menuju tempat praktik dokter gigi dalam situasi senang dan bercerita tentang gigi yang lebih bersih setelah kunjungan itu," kata psikolog keluarga Ayoe Sutomo, Rabu (20/3/2019).

Ayoe mengatakan kata-kata positif kepada anak-anak, seperti pujian, akan mengurangi perasaan takut anak terhadap dokter gigi. Demikian pula, pelukan dari orangtua.

Cara lain, menurut Ayoe, yaitu dengan memberikan hadiah barang sehingga anak dapat diajak rutin ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Namun jika anak terlanjur mempunyai pengalaman buruk dengan dokter gigi tertentu, orangtua masih bisa mengubah pengalaman itu dengan memberikan sisi positif pemeriksaan gigi.

"Ajak anak ke dokter gigi yang lebih ramai mungkin akan jadi solusi lain. Ruang praktik dokter gigi dengan hiasan yang menyenangkan akan mengurangi ketakutan anak," kata Ayoe.

Dia menambahkan, cerita atau pengalaman negatif tentang dokter gigi dari pihak lain dapat diatasi dengan pendekatan khusus orangtua kepada anak melalui diskusi personal. Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir anak Anda akan takut ke dokter gigi jika mengikuti tips-tips di atas.

Selamat mencoba.

  Komentar untuk Ini Tips Atasi Ketakutan Anak Terhadap Dokter Gigi

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!