INFO TANGGAPAN TERKAIT ISU AKAN TERJADINYA GEMPA M9,0

3 August 2019, 10:46 WIB
4 1 74
Barangkali info berikut bermanfaat :

TANGGAPAN TERKAIT ISU AKAN TERJADINYA GEMPA M9,0

Terkat dengan berkembangnya berita bohong yang beredar di media sosial akan terjadinya gempa besar M 9,0 pasca terjadinya gempa selatan Selat Sunda M 6,9 maka dengan ini kami memberikan tanggapan sebagai berikut:

1. Isu yang berkembang tersebut tidak benar, karena peistiwa gempa bumi hingga saat ini belum dapat diprediksi oleh siapapun: kapan, dimana, dan berapa kekuatannya.

2. Erupsi freatik gunung api merupakan peristiwa lokal letusan yang dipicu oleh terakumulasinya uap air akibat pemanasan di dasar kawah dan bukan aktivitas magmatik. Sehingga erupsi freatik tidak akan dapat memicu gempa bumi, dan demikian sebaliknya gempa bumi tidak akan dapat memicu erupsi freatik.

3. Gempa bumi terjadi akibat deformasi batuan yang terjadi secara tiba-tiba pada sumber gempa yang sebelumnya mengalami akumulasi medan tegangan (stress) di zona tersebut, sehingga pemikiran bahwa sebuah gempa dapat memicu sumber gempa lain belum dapat dibuktikan secara empiris.

4. Teori yang berkembang saat ini baru dapat menjelaskan bahwa sebuah gempa dapat membangkitkan picuan statik karena adanya perubahan stress di sekitar pusat gempa yang kemudian dapat meningkatkan aktivitas gempa susulan (after shocks) di sekitar gempa utama.

5. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang namun waspada dan tidak percaya kepada isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Jakarta, 3 Agustus 2019

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG
Rahmat Triyono, ST.,Dipl. Seis., M.Sc.

  1 Komentar untuk INFO TANGGAPAN TERKAIT ISU AKAN TERJADINYA GEMPA M9,0

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar