Ikan Teri Berformalin masih Dijual di Pasar Tradisional

warga di sekitar Anda di Kramat Jati, Jakarta Timur
2879 medium ikan berformalin masih dijual di pasar tradisional
Setelah dilakukan razia gabungan di lima pasar tradisional di Jakarta Timur, petugas menemukan sejumlah makanan mengandung zat kimia berbahaya, Senin (28/3).

Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Timur, Bayu Sarihastuti mengatakan, dari lima pasar tradisional yang dirazia, empat diantaranya ditemukan makanan positif mengandung bahan formalin.

Di Pasar Klender SS ditemukan ikan teri medan positif mengandung formalin. Teri ini berasal dari pedagang bernama Darmalis (63). Kemudian di Pasar Ujung Menteng ditemukan ikan jambal roti yang positif mengandung formalin. Di Pasar Enjo ditemukan ikan tuna segar potong dan ikan jambal roti positif formalin. Demikian halnya di Pasar Pulogadung, ditemukan rajungan dan ikan jambal roti yang positif formalin.

"Seluruh ikan kita sita dan pedagangnya diminta membuat surat pernyataan untuk tidak menjual bahan pangan mengandung zat kimia berbahaya," kata Bayu, Senin (28/3).

Jika diketahui yang bersangkutan masih nekat menjual lagi, maka kasusnya akan diserahkan pada polisi. Pihaknya akan terus merazia semua pasar tradisional di Jakarta Timur. Terutama yang menjual produk olahan, ikan, daging dan sebagainya.

Razia kali ini melibatkan sekitar 60 petugas gabungan. Terdiri dari unsur Sudin KPKP, Satpol PP, Polri dan unit terkait lainnya.
Sudah dilihat 109 kali

Komentar

  • 862 new thumb angel4

    Pelakunya harus dihukum berat + pemerintah khususnya pemda harus lebih pro aktif lagi memberi penyuluhan/pemberitaan ciri2 bahan makanan/makanan yang mengandung bahan2 berbahaya

  • Missing avatar

    Terima kasih atas informasinya