Hujan Lebat Diprediksi Turun di Jabodetabek Beberapa Hari ke Depan

28 February 2016, 22:52
43 1 104
Gambar untuk Hujan Lebat Diprediksi Turun di Jabodetabek Beberapa Hari ke Depan
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
Hujan lebat diprediksi akan mengguyur wilayah Jabodetabek selama beberapa hari ke depan. Tanda-tanda akan turunnya hujan lebat sudah terlihat sejak Sabtu (27/2) malam.

"Hal ini terpantau mulai kemarin malam (27/2) hingga menjelang siang yang merata di wilayah Jabodetabek dengan intensitas hujan sedang hingga sangat lebat, sehingga perlu diantisipasi dalam beberapa hari ke depan dimana akumulasi curah hujan juga akan tinggi," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Yunus Swarinoto, dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (28/2/2016).

Yunus menjelaskan potensi hujan lebat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain masih aktifnya aliran massa udara dingin dari utara dan adanya tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Selatan Jawa.

"Mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan massa udara dan belokan angin di beberapa lokasi di Indonesia termasuk wilayah Banten dan Jabodetabek," jelas Yunus.

Selain wilayah Jabodetabek, daerah lain yang berpotensi hujan lebat dalam tiga hari ke depan, antara lain Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat bagian timur, Sulawesi Selatan bagian utara, NTB, NTT, Maluku bagian tenggara.

"Masyarakat diimbau tetap waspada dan siaga terutama di daerah dataran tinggi atau pegunungan untuk mengantisipasi kejadian banjir bandang, lahar dingin, dan tanah longsor serta daerah dataran yang relatif mudah terjadi potensi bencana banjir agar dapat menyiapkan lingkungannya untuk mengurangi dampak bencana yang mungkin terjadi," tutur Yunus.

Berdasarkan informasi di website BMKG, Senin (29/2), pagi hari akan turun hujan lebat di seluruh wilayah Jakarta termasuk Kepulauan Seribu.

Menjelang siang, hanya wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang diprediksi turun hujan lebat. Sedangkan pada malam hari, diprediksi hampir sebagian besar wilayah Jakarta hanya akan diguyur hujan ringan.

  1 Komentar untuk Hujan Lebat Diprediksi Turun di Jabodetabek Beberapa Hari ke Depan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar