Hijaukan Desa dengan Tanaman Bermanfaat

23931 medium img 20180415 wa0002
Ratusan tanaman buah buahan dan kayu dari berbagai jenis ditanam di bantaran Sungai Garang desa keji kecamatan ungaran barat. Minggu, 15 April 2018
Kegiatan tanam pohon ini terlaksana atas kerja sama antara pemerintahan desa keji dan Mercy Corps Indonesia. Dengan adanya penanaman pohon ini dapat mendukung desa keji menjadi desa wisata di bidang wisata edukasi pertanian.
Penanaman itu dipimpin langsung oleh kepala desa yaitu Zulkarnaen dan ditanam sesuai dengan konsep pengelola desa wisata. Adapun Zulkarnaen, kepala desa keji, merasa terbantu dengan adanya sinkronisasi program antara Mercy Corps Indonesia dan Dinas Lingkungan Hidup, dalam hal ini desa wisata edukasi pertanian.
Adapun tumbuhan yang ditanam yaitu
Sengon, kelapa, jambu air, alpukat, dan durian.
Kegiatan penanaman pohon ini juga di hadiri oleh sejumlah karang taruna dari desa keji, masyarakat desa suruhan, LMDH Gebugan serta Tim dari MCI.
Kades Keji, Zulkarnaen, mengatakan, penanaman pohon di bantaran sungai itu penting. Karena saat musim kemarau, wilayah ini terlihat begitu gersang, Harapannya, ketika tumbuhanya besar nanti dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan edukasi pertanian dan dapat pula di konsumsi langsung oleh masyarakat keji.
Sementara itu Tim MCI, anang, dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan dan mencegah dan menanggulangi peristiwa bencana alam.
"Penanggulangan bencana tidak hanya dengan pembangunan infrastruktur. Tetapi, harus bisa ditopang dengan penambahan lahan penghijauan sebagai resapan air,” katanya.



Sudah dilihat 46 kali

Komentar