Hijau Pekaranganku, Terpenuhi Giziku

4 0 189
Beberapa langkah telah digiatkan dan dilakukan seluruh lembaga Desa Kebonharjo untuk mengurangi angka stunting, tak terkecuali Lembaga PKK Desa. Kamis-Jum'at, 26-27 Desember 2019 dilakukan program kerja Pokja 3 PKK yaitu Lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan. Kegiatan ini didanai dari APBDes Kebonharjo TA 2019 Bidang Pemberdayaan Masyarakat melalui Kegiatan Evaluasi Kelompok Pertanian. Pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam tanaman pangan maupun obat merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan seluruh warga desa guna memenuhi asupan gizi sehingga diharapkan dapat mencegah stunting.
Lomba pemanfaatan pekarangan diikuti oleh 10 pedukuhan yang ada di Desa Kebonharjo. Kamis (26/12), tim penilai beserta tim PKK Desa mengunjungi pekarangan sampel yang ada di Pedukuhan Dangsambuh, Pelem, Pringtali, Gebang, Kedunggupit, dan Jeringan. Pada hari kedua yaitu Jum'at (27/12), pekarangan sampel yang dikunjungi ada di Pedukuhan Gowok, Jarakan, Kaliduren, dan Kleben.
Tim penilai berasal dari TP PKK Kecamatan Samigaluh dan Balai Pertanian dan Pangan (BPP) Kecamatan Samigaluh. Kriteria penilaian meliputi keragaman tanaman, kebersihan lingkungan, penataan/keindahan tanaman. Keragaman tanaman dengan mengacu pada Surat Edaran TP-PKK Kabupaten Kulon Progo bahwa setiap rumah minimal harus menanam 5 jenis sayuran yang salah satunya adalah kelor dan 5 jenis tanaman obat. Sumiyati TP PKK Samigaluh sebagai salah satu penilai mengemukakan bahwa pemanfaatan pekarangan di Kebonharjo cukup bagus dan antusias warga juga tinggi. Sutrisno dari BPP Samigaluh berharap dengan lomba tersebut dapat membumikan tanaman pangan dan obat ke semua lapisan masyarakat. Hasil penilaian dari masing-masing penilai direkap untuk mengetahui juara lomba yang akan segera diumumkan.

Salah satu pekarangan yang dikunjungi adalah milik Samirah warga Pedukuhan Jeringan. Dia memanfaatkan pekarangan yang berdampingan dengan kandang sapi dan kolam ikan untuk menanam berbagai jenis tanaman pangan seperti bayam, kelor, daun bawang, cabe, dan sebagainya serta tanaman obat seperti jahe,sereh, kunyit, dan kencur. "Selain untuk dikonsumsi sendiri jadi tidak perlu beli sayuran, biasanya hasil pekarangan saya bagikan ke tetangga ataupun dijual di pasar", tuturnya. Berdasarkan penuturan salah satu warga tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan sesuai dengan slogan "iso nandur ngopo tuku", melestarikan budaya berbagi, serta bernilai ekonomis.
Sri Wahyuni selaku TP PKK desa mengatakan bahwa lomba pemanfaatan pekarangan dapat memotivasi warga untuk menanam tanaman pangan dan obat di lingkungan pekarangan rumah. "Lomba sebagai salah satu upaya untuk melestarikan dan mengenalkan berbagai sayuran dan tanaman obat yang sudah mulai langka seperti murbei, sintrong, dan sebagainya" tuturnya. Beliau berharap lomba ini diadakan setiap tahun dan difasilitasi Pemerintah Desa melalui program kerja PKK agar pemanfaatan lahan pekarangan menjadi kebutuhan setiap rumah tangga untuk menyokong pemenuhan gizi keluarga sehingga kejadian anak kekurangan asupan gizi yang merupakan faktor penyebab stunting tidak akan ada lagi di Kebonharjo.

Sumber: http://kebonharjo-kulonprogo.desa.id/index.php/first/artikel/298
 

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Lowongan Karyawati Staff Packing dan Admin Jakarta

    Gibran Waluyo  di  Grogol Petamburan, Jakarta Barat  |  11 Jan 2021
  2. Kurir J&T Surabaya

    Gibran Waluyo  di  Surabaya  |  13 Jan 2021
  3. Driver Cinta Quran Foundation

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Utara, Bogor Kota  |  13 Jan 2021
  4. Jejak Petualang Trans 7 : Casting Host JP Trans 7

    Radiansyah  di  Jakarta Barat  |  9 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    Driver Cinta Quran Foundation

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Utara, Bogor Kota  |  13 Jan 2021
  2. 2
    Komentar

    Jejak Petualang Trans 7 : Casting Host JP Trans 7

    Radiansyah  di  Jakarta Barat  |  9 Jan 2021
  3. 2
    Komentar

    Lowongan Karyawati Staff Packing dan Admin Jakarta

    Gibran Waluyo  di  Grogol Petamburan, Jakarta Barat  |  11 Jan 2021
  4. 2
    Komentar

    Kurir J&T Surabaya

    Gibran Waluyo  di  Surabaya  |  13 Jan 2021