Hati-hati Penipuan, Daftar Formasi Penerimaan PNS di Pemkab Brebes Hoax!

Header illustration

BREBES - Masyarakat di Kabupaten Brebes diminta untuk mewaspadai upaya penipuan dengan modus penerimaan pegawai negeri sipil (PNS). Infromasi peneriman calon aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Brebes pada tahun yang beredar di pesan berantai media sosial adalah tidak benar.

"Tidak benar, itu hoax," tandas Kepala Bidang Mutasi BKPSDMD Brebes Sumanta.

Dalam informasi itu disebutkan adanya penerimaan ASN yang sudah ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemen PAN RB) sebaknyak 449 formasi untuk Kabupaten Brebes.

Sumanta menegaskan jika informasi itu tidak benar. Hingga saat ini, BKPSDMD Brebes belum mendapatkan putusan formasi dari Kemen PAN RB. Pihaknya belum mendapatkan tembusan jumlah formsi yang ditetapkan oleh pusat.

"Saya pastikan informasi itu (formasi calon ASN) itu hoax. Sejauh ini belum ada penetapan jumlh calon pegawai dari kementerian," ungkapnya.

Dikatakannya, memang dari 2017 dan 2018 jumlah ASN yang pensiun mencpai 1.072 orang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kata dia, pihaknya telah mengusulkan pengangakan pegawai di lingkungan Pemkab Brebes.

Namun, dia pastikan terkait jumlah formasi yang ditetapkan belum ada jawaban dari kementerian. "Yang jelas untuk pengisian pegawai yang pensiun sudah kita usulkan. Tapi, itu tadi belum mendapatkan jawaban terkit jumlah formasi yang ditetapkan oleh kementerian," jelsnya.

Sumanta menambahkan, dari jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun dari kalangan pendidikan yang paling mendominasi. Serta diikuti pegawai di pelayanan administrasi. "Bidang pendidikan (guru) yang paling banyak diusulkan pengangkatan. Utamanya guru SD yang sudah banyak pensiun," tambahnya.

Saat disinggung terkit penerimaan pegawai, meski saat ini belum mendapatkan keputusan jumlah formasi dari kementerian. Namun, pihaknya memastikan tahun ini akan ada pengangkatan pegawai.

Hanya saja, untuk kepastian waktunya kapan pihaknya masih menunggu instruksi dari kementerian. "Insyaalah tahun ini ada (penerimaan pegawai). Yang jelas saat ini kita masih menunggu instruksi pusat. Sebab, dulu pernah ada rencana akhir Mei, namun hingga saat ini belum ada jawaban," katanya.

"Jadi kita tunggu saja informasi selanjutnya. Yang jelas, jika sudah ada keputusan dari pusat kita akan umumkan lewat media cetak dan instansi terkit," lanjutnya.

Karenanya, dia mengimbau kepada masyarakat yang akan melamar (calon pegawai) saat ini untuk bersabar. Jangan sampai termakn informasi yang belum tentu kebenarannya. Untuk itu, warga diminta jeli dalam menangkap sebuah informsi.

"Jangan sampai terpancing informasi yang belum tentu kebenarannya. Sehingga terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan penerimaan pegawai," pungkasnya.

Radartegal.com
Sudah dilihat 46 kali

Komentar