Haruskah menunggu HUT RI untuk mencerdaskan bangsa?

69732 medium post 73619 44de7967 357b 4d1d b947 6351a31e917e 2019 08 13t21 25 47.407 08 00
Haruskah menunggu hari kemerdekaan untuk menjadi cerdas?

Peringatan hari kemerdekaan di Indonesia adalah salah satu hal yang lumrah dilakukan oleh warga negara Indonesia. Berbagai macam kegiatan dan perlombaan diadakan, mulai dari kampung pedalaman hingga hingar bingar kota, Dari tinggat kelurahan hingga tingkat provinsi. Biasanya mata lomba yang diperlombakan adalah mata lomba yang dapat menjalin kekeluargaan berupa permainanan seperti tarik tambang, Lari karung dll. Namun, adapula daerah yang memperlombakan mata lomba yang dapat mencerdaskan anak bangsa. Seperti Cerdas cermat, pidato dan lain lain.

Masing masing mata lomba mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Tak terkecuali dengan mata lomba yang dapat melatih mental dan kecerdasan anak bangsa. Seperti lomba lomba yang memaksa untuk anak untuk tampil di depan umum dan menambah pengetahuan. Disini kita dapat ambil contoh Lomba berpidato, Lomba berpidato sangatlah sarat akan manfaat, dengan berpidato anak anak dapat terbiasa untuk berpicara di tempat umum (Public speaking), Melatih keaktifan anak dll. Lomba seperti itu perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Apanya yang harus ditingkatkan?.. Tentunya kuantitas waktu atau event tersebut, Disinilah tanggung jawab para pelaku pendidikan dan pemerintah daerah untuk menjadikan anak anak menjadi lebih aktif dari sebelumnya pasif.

Seperti yang dapat kita liat, Dari Indonesia pertama kali merdeka Cara memperingati kemerdekaan Indonesia itu itu terus atau monoton. Berputar dari tahun ke tahun. Panjat pinang, gerak jalan dan lari karung. Yang kalok kita cermati, Bisakah bangsa ini maju dengan lomba lomba seperti tersebut?. Tentu tidak. Adapula yang menyelenggarakan lomba yang dapat mencerdaskan anak bangsa. Tapi, itu hanya diadakan satu kali dalam setahun atau hanya di tanggal kemerdekaan Indonesia. Apakah ini cukup?, jelas tidak.

Jadi, Marilah para penggiat pendidikan maupun Bapak/Ibu pemerintah. Mari gerakkan terus event event atu kompetisi kompetisi positif, Perbanyak lagi penyelenggaraannya, Tanpa harus menunggu tanggal proklamasi untuk mengadakannya. Karena dengan jam terbang yang tinggi generasi bangsa akan menjadi terlatih.
Sudah dilihat 17 kali

Komentar