Hari Kesadaran Autisme Sedunia

23371 medium hari kesadaran autisme sedunia
Autisme adalah kondisi neurologis sepanjang hayat yang bermanifestasi selama masa kanak-kanak, terlepas dari jenis kelamin, ras atau status sosio-ekonomi. Istilah Spektrum Autisme mengacu pada berbagai karakteristik. Dukungan, akomodasi, dan penerimaan yang sesuai dengan variasi neurologis ini memungkinkan mereka yang berada pada Spektrum Autisme untuk dapat menikmati kesempatan yang sama, dan turut berpartisipasi penuh dan efektif dalam masyarakat.

Autisme terutama dicirikan oleh interaksi sosialnya yang unik, cara belajar yang tidak standar, minat yang mendalam pada subjek tertentu, kecenderungan pada rutinitas, tantangan dalam komunikasi yang khas dan cara tertentu memproses informasi sensorik.

Kurangnya pemahaman memiliki dampak yang luar biasa pada individu, keluarga dan komunitas mereka. Stigmatisasi dan diskriminasi yang terkait dengan perbedaan neurologis tetap menjadi kendala substansial untuk diagnosa dan terapi. Ini merupakan masalah yang harus ditangani oleh pembuat kebijakan publik.

Semoga dengan Hari Kesadaran Autisme Sedunia, kita semua lebih mengenal tentang Spektrum Autisme dan menjadi lebih akomodatif terhadap warga masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus, terlebih lagi apabila di tempat umum, seperti di angkutan umum. Karena kebutuhan khusus seperti Spektrum Autisme memang tidak dapat dilihat melalui pengamatan sekilas saja.

Punya info warga yang bermanfaat? Yuk posting di AtmaGo! #AtmaGo #InfoWarga #WargaBantuWarga #Evergreen #Autisme
Sudah dilihat 46 kali

Komentar