Hari Berdirinya PETA

34426 medium post 43062 0bcc6e9f 755b 4d22 b518 1a30eebc3392 2018 10 03t10 14 08.125 07 00 34427 medium post 43062 3db49145 4cfd 44db abbf 38603e7726c3 2018 10 03t10 14 08.856 07 00
Assalamualaikum, Atmaguys tau sekarang tanggal berapa? Yak betull, tanggal 3 Oktober. Atmaguys tau gak sih kalau tepat 75 tahun yang lalu, sebuah organisasi bentukan Jepang berdiri di tanah air kita dan di gerakkan oleh pemuda tanah air? Nih nih aku ceritain sedikit ya.
Tentara Sukarela Pembela Tanah Air atau PETA (郷 土 防衛 義勇軍 kyōdo bōei giyūgun) adalah ruang yang membentuk Jepang di Indonesia dalam masa pendudukan Jepang. Tentara Pembela Tanah Air atau yang kita sebut PETA terbentuk pada tanggal 3 Oktober 1943 berdasarkan makolum Osamu Seirei No 44 yang ditunjuk oleh Panglima Tentara Ke-16, Letnan Jendral Kumakichi Harada sebagai Tentara Sukarela. Pelatihan pasukan Peta dipusatkan di dimensi militer Bogor yang memberi nama Jawa Bo-ei Giyûgun Kanbu Resentai.
PETA atau Pembela Tanah Air adalah salah satu organisasi yang ada di Indonesia yang di siapkan untuk membela dan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini memiliki peran yang cukup penting apa lagi dengan di bentuk oleh pemerintahan Jepang di Indonesia. Sejarah PETA di mulai dari penyerahan tanpa syarat yang di lakukan Letnan Jenderal H. Ter Poorten dari Belanda pada 8 maret 1942. Dengan penyerahan yang terjadi ini membuat pemerintahan Jepang kemudian menduduki dengan kekuasaan yang di miliki. 
Tidak hanya itu, dengan adanya PETA, Jepang mencoba untuk menarik hati masyarakat Indonesia untuk mendapatkan bantuan dalam mengalahkan Sekutu dalam Perang Asia Timur. Dengan alasan ini pula tentunya membuat Jepang kemudian membentuk satu organisasi yaitu PETA (pembela tanah air) 3 Oktober 1942 menjadi moment yang kemudian pemerintahan Jepang menunjuk Gatot Mangukupraja sebagai pendiri organisasi ini. Tujuannya adalah untuk membuat rakyat Indonesia berfikir jika Organisasi ini asli dari anak bangsa.
Sebagai organisasi yang di bentuk oleh Jepang tentunya PETA memiliki tujuan. Tujuan tersebut adalah untuk memenuhi kepentingan peperangan Jepang di Lautan Pasifik untuk membela Indonesia dari serangan Blok Sekutu. Namun, selain itu pembentukan organisasi ini sebagai strategi Jepang untuk membangkitkan semangat patriotisme untuk memberikan kesan jika ini organisasi di bentuk oleh Indonesia. 
Namun, dengan adanya PETA membuat organisasi ini kemudian berkembang dengan pesat dan di manfaatkan oleh Indonesia sebagai media untuk meraih kemerdekaan. Organisasi ini diikuti oleh para pelajar yang di siapkan sebagai tentara Jepang. Selain itu pasukan ini hanya membantu untuk melawan pihak sekutu di perang Asia Pasifik bukan sebagai pasukan resmi.
PETA memiliki beberapa tingkat pangkat dalam organisasi ini:
1. Daidanco (komandan batalyon) merupakan pegawai pemerintahan, pemimpin agama, pamng praja, politikus dan penegak hukum
2. Cudanco (komandan kompi) merupakan guru dan juru tulis
3. Shodanco (komandan peleton) pelajar dari sekolah lanjutan pertama dan atas
4. Budanco (komanda regu) merupakan pemuda yang pernah bersekolah dasar
5. Giyuhei (prajurit sukarela) pemuda yang belum pernah bersekolah
Tidak sedikit sumbangsih dan peran tentara PETA di masa perang Kemerdekaan Indonesia. PETA juga merupakan salah satu cikal bakal dari terbentuknya Tentara Nasional Indonesia. Demikian juga dengan mantan tentara PETA dalam kemerdekaan Indonesia. Beberapa tokoh yang dulunya tergabung dalam PETA, termasuk mantan presiden Soeharto dan Jendral Besar Soedirman. Banyak dari mantan Tentara PETA menjadi bagian penting dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), mulai dari Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Tentara Keselamatan Rakyat, hingga TNI. Untuk mengenang perjuangan Tentara PETA, pada tanggal 18 Desember 1995 diresmikan monumen PETA yang menyala di Bogor, bekas markas besar PETA. Yuk kapan kapan kita kunjungi Museum nya!
Oh iya, berhubung banyak saudara kita di Palu yang sedang kesusahan, juga kabar bahwa aktivitas vulkanik gunung Kerinci meningkat, yuk Atmaguys saling bahu membahu menolong yang kesusahan. Saling menolong itu gak rugi loh, justru membukakan pintu rejeki yang lebih lebar untuk kita! #JasMerah
Sumber :
http://www.sejarawan.com/205-sejarah-berdirinya-peta-pembela-tanah-air.html
http://www.netralnews.com/news/singkapsejarah/read/27463/ini.sejarah.berdirinya.tentara.pembela.tanah.air..peta.
Sudah dilihat 54 kali

Komentar