Harga Melonjak, Warga Gadaikan Barang Berharga

25723 medium bbb 13
SUBANG- Melonjaknya harga kebutuhan pokok masyarakat atau biasa disebut Sembako di bulan Ramadhan ini. salah satunya adalah harga daging ayam dan daging sapi, bulan Ramadhan ini harganya kian meroket. Melonjaknya harga kebutuhan pokok itu terjadi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Subang.

Untuk mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan itu, sebagian masyarakat Subang terpaksa menggadaikan sejumlah barang berharga, seperti barang elektronik. Dan uang dari transaksi pegadaian itu, digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama bulan Ramadhan ini.

Seperti yang disampaikan Endah Juhanah warga Sukaresmi Kecamatan Subang, dirinya mendatangi Pegadaian Subang untuk menggadaikan barang elektroniknya guna memenuhi kebutuhan keluarga, untuk membeli bahan bahan pokok selama bulan puasa ini.

Tahun lalupun kata Endah, saat bulan puasa dirinya juga melakukan hal yang sama, menggadaikan barang elektroniknya, dan nantinya akan ditebus saat keadaan normal kembali atau setelah Lebaran Idul Fitri. Menurutnya menggadaikan barang elektronik adalah langkah yang tepat dalam menghadapi bulan puasa ini ,” tahun kemarin juga sama, ya mau gimana lagi, perlu uang buat bekal puasa. Nanti ditebus kalau sudah lebaran ,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Budi S warga Surya Cigadung Kecamatan subang, dia mengatakan dirinya juga menggadaikan barang eletkrtonik ke Pegadaian. Hal itu untuk mempersiapan biaya sekolah anaknya, yang setelah libur akan masuk di hari Senin besok.

Dana tersebut harus disiapkan karena, awal masuk sekolah tersebut bertepatan dengan bulan puasa saat ini, sehingga dibutuhkan dana yang lumayan.”Ya gampang nanti ditebus kalau sudah gajian, sekarang sedang ngga ada uang jadi gadai dulu,” tuturnya.

Terkait melonjaknya harga daging, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Rahmat Faturahman mengatakan melonjaknya kebutuhan bahan pokok masyarakat mulai dari daging ayam dan juga sapi bukan berasal dari peternak. Sesuai data yang ada Kabupaten Subang kebutuhan akan konsumsi daging ayam maupun sapi sangat aman. Sehingga masyarakat jangan dikhawatiran untuk langkanya pasokan daging dan ayam tersebut. Hanya saja mengenai adanya harga yang ada di pasaran, hal tersebut berasal dari pedagang bukan dari peternak ,”Soal harga ya itu kan pedagangnya. Yang penting kebutuhan konsumsi daging ayam dan sapi untuk Subang cukup aman,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan DKUPP Kabupaten Subang H Nurudin mengatakan mengenai adanya harga daging sapi saat ini yang menembus di harga Rp 130 ribu/kg sedangkan harga daging ayam potong mencapai Rp 36 ribu/kg. Padahal kata Nurudin, untuk normalnya harga daging sapi di angka Rp 95 ribu/kg lalu beranjak ke angka Rp 110 ribu/kg , Rp 125 ribu/kg, hingga saat ini menembus Rp 130 ribu/kg. Adapunn untuk ayam potong juga sama mulai dari harga Rp 32 ribu/kg, Rp 34 ribu/kg hingga saat ini mencapai angka Rp 36 ribu/kg, “ya naiknya lumayan sama seperti awal bulan puasa tahun lalu, ” ujarnya.

Dijelaskan Nurudin, terkait banyaknya masyarakat yang mengunjungi dan bertransaksi di Pegadaian untuk menggadaikan barang berharganya. Menurutnya keadaan itu sah – sah saja mengingat banyaknya kebutuhan bulan puasa yang harus terpenuhi, disamping itu bertepatan mulai masuknya anak sekolah dibulan puasa ini, “ya wajar saja, karena ada kebutuhan – kebutuhan yang mendesak,” pungkasnya. (ygo/dan)
#PasundanEkspres
Sudah dilihat 42 kali

Komentar