HARGA GANTI RUGI TANAH TERKAIT PEMBANGUNAN PELABUHAN PATIMBAN MASIH DITOLAK WARGA

33140 medium post 41756 f02ac1b0 36eb 4793 bf25 a5b487eab1f3 2018 09 16t09 29 13.939 07 00
Proses Pembebasan tanah untuk Mega proyek Pelabuhan Laut Internasional Patimban Subang terus menuai protes dari masyarakat yang terkena dampak, terkait penetapan harga oleh Pemerintah, yang belum sesuai dengan harapan masyarakat. Harga yang diusulkan Pemerintah sendiri sebesar Rp120 hingga Rp300 ribu permeter persegi, dan tanah yang dihargai sebesar itu oleh Pemerintah itu, diperuntukkan bagi pembangunan inti, atau backup area Pelabuhan Patimban.

Terkait hal itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelabuhan Patimban Ngatiyo S.IP mengungkapkan, sampai sejauh ini untuk proses pembebasan tanah, untuk akses road sudah hampir selesai, dan sekarang pihaknya fokus ke pembebasan lahan untuk backup area pembangunan pelabuhan Patimban itu.

Total kebutuhan lahan untuk backup area sendiri kata Ngatiyo, yakni sebanyak 486 bidang. Namun kali ini, sesuai audit BPKP, hanya 158 bidang yang harus dibebaskan terlebih dahulu.

Sementara itu, Abdul Aziz Salam - salah seorang dari Tim Appraisal mengaku, harga pada masing-masing bidang tanah sendiri cukup bervariatif, karena hal itu ditentukan oleh kondisi lahan sendiri. Saat ini saja, kata Aziz, pihaknya belum melakukan penilaian ulang, sebab ada penolakan dari warga, sehingga menurutnya, itu merupakan ranah dari BPN.

Terkait kemungkinan adanya penolakan, atau komplain dari warga mengenai harga, ia menganggap wajar penolakan itu terjadi. Namun Aziz menekankan, bahwa apa yang dilakukan timnya didasarkan pada aturan yang berlaku. Lebih lanjut, Aziz menuturkan dalam menentukan harga, Appraisal memiliki beberapa penilian, dan kriteria lahan, di antaranya mengenai kondisi lahan, produktivtas usaha, keuntungan dan banyak hal lainnya dalam penentuan harga.

Sementara itu, puluhan pemilik tanah mengaku kaget dengan harga ganti rugi yang ditawarkan pemerintah. Namun warga pemilik tanah mengaku akan pikir-pikir dulu apakah akan menerima atau menolak. (R21)
Sudah dilihat 22 kali

Komentar