Hamparan Sampah Penuhi Teluk Banten, DLH Kota Serang Terkendala Sarana dan Prasarana

67412 medium post 71734 c98efeb1 0722 4115 9b00 61246a31e583 2019 07 21t11 26 22.580 07 00
KASEMEN,| – Teluk Banten merupakan sebuah teluk di kecamatan Kasemen kota Serang Provinsi Banten, dekat ujung barat laut Pulau Jawa, Indonesia. Merupakan bagian dari Laut Jawa yang termasuk ekosistem bawah laut seperti ladang rumput laut, terumbu karang, dan cagar alam burung internasional utama.
.
Namun sangat disayangkan dengan banyaknya tumpukan sampah di sepanjang aliran Sungai Cibanten, yang bermuara di Muara Cengkok di Teluk Banten, Kasemen, Kota Serang. Merusak keindahan tersebut.
.
Dari beberapa pantauan yang di himpun Atmago.com, Pembuangan sampah yang berujung ke Teluk Banten ini terpantau sejak di belakang Pasar Karangantu. Di bawah jembatan aliran sungai tersebut, sampah menumpuk dan langsung ke sungai. Lokasi tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga. 
.
Sekretaris DLH Kota Serang Tendian menuturkan, dalam membersihkan sampah yang terdapat di perairan Teluk Banten dibutuhkan kendaraan berat dan perahu. Namun, DLH Kota Serang tidak memiliki fasilitas tersebut.
.
Lanjutnya, karena kami tidak memiliki fasilitas tersebut, maka jika sampah sudah terangkat ke daratan, hal tersebut sudah menjadi kewajiban DLH untuk mengangkutnya ke Tempat Proses Akhir Sampah (TPAS) Cilowong.
.
“Sebenarnya kami (DLH kota Serang) ingin membersihkan sampah yang ada di Teluk Banten. Namun agak sulit, karena terkendala sarana dan prasarana. Jika sudah ada di darat maka kami siap angkut,” katanya, Jumat (19/7/2019).
.
Ia menjelaskan, pesisir itu kewenangan kementerian. Meski begitu, DLH akan selalu siap jika ada pihak yang mengajak bekerja bakti membersihkan sampah di Teluk Banten. “Tugas kami adalah mencari sebanyak-banyaknya orang yang peduli terhadap lingkungan, cuma untuk membersihkannya ini kami enggak punya sarana,” ujarnya.
.
Menurut dia, sampah di Teluk Banten sangat besar dan kemungkinan melebihi volume sampah di TPAS Cilowong. Bahkan, tutur dia, sudah membentuk daratan. Butuh sarana khusus berupa alat berat yang sudah dimodifikasi untuk mengangkat sampah tersebut.
.
“Sampah yang ada di Teluk Banten merupakan terbesar di Kota Serang. Bahkan, jika diangkat ke darat maka bisa dipastikan lebih besar dari Cilowong sampah plastiknya,” ucapnya.
. #AtmagoBanten #Atmago
Sudah dilihat 36 kali

Komentar