Habib Bahar Bin Smit tidak ditahan, beliau kooperatif

41963 medium screenshot 20181207 133126
Menengok kasus yang terjadi pada Habib Bahar bin Smith, beliau tidak ditahan oleh kepolisian lantaran kooperatif dalam kasusnya. Diketahui, kamis (7/12) beliau diperiksa selama 12 jam di Bareskrim Polri, Jakarta Pusat.
Kabagpenum Divhumas Mabes Polri Kombes Pol Syahar Diantono katakan Beliau tidak ditahan, dan bisa pulang ke rumahnya.
"Iya tadi malam penyidik ditipidum bareskrim polri telah menetapkan HBS sebagai tersangka tentunya melalui proses pemeriksaan dan penyidikan. Dan yang bersangkutan tadi malam tidak dilakukan penahanan dan kembali," ucapnya, Jumat (7/12).
Habib Bahar dijerat UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis dan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.
Iya juga tambahkan jika tidak ditahanya Habib Bahar lantaran beberapa pertimbangan yang diambil penyidik.
"Tentunya ada pertimbangan penyidik. Dalam KUHAP kan ketentuan pasal 21 ada pertimbangan objektif dan subjektif. Tentunya ini ada pertimbangan subjektif. Ada tiga hal di situ bahwa penyidik meyakini tidak melarikan diri, tidak mengulangi perbuatan dan tidak menghilangkan barang bukti," jelasnya.
Iya juga melanjutkan jika Habib Bahar kokperatif dalam penanganan kasus yang menjeratnya.
"Tentunya penyidik meyakini HBS ini kooperatif dan tidak dilakukan upaya penahanan. Namun proses penyidikan tetap lanjut," sambungnya.
Untuk selanjutkan, Polisi tidak berencana melakukan pemeriksaan kepada pihak lain.
"Tentunya. Sementara saat ini pemeriksaan dirasa cukup oleh penyidik namun manakala perkembangan proses penyidikan ada yang harus dilengkapi baik itu pemeriksaan saksi maupun alat bukti lain tentu proses penyidikan dilakukan lg utk melengkapi proses berkas perkara," ungkapnya.
Sumber: merdeka.com
Sudah dilihat 40 kali

Komentar