Gudang yang Digunakan Warga Perumahan BTU Untuk Berjamaah Shalat Tarawih. Pakar Hukum FH UB angkat bicara

4770 medium mushola nurul islame2wqg
Tak adanya sarana masjid atau musala di Perumahan Bulan Terang Utama (BTU) membuat miris beberapa pihak. Masyarakat tak menyangka masih ada pengembang yang tak mau menyediakan sarana ibadah bagi usernya. Akibat tak adanya musala atau masjid, warga BTU yang berada di Kelurahan Madyopura, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, pada Ramadan kali ini melaksanakan salat di gudang material milik pengembang. Sebelum Ramadan, pengembang mempersilakan warga untuk salat berjamaah di rumah tipe 45.
Pengamat hukum perdata perumahan dari Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) DR Rahmad Budiono SH, MH mengatakan, sebenarnya tidak banyak pengembang yang nakal. ”Saya kira hanya sedikit saja pengembang yang nakal. Sebab, menjadi pengembang nakal ini risikonya sangat tinggi,” kata Budiono. Dia menyatakan, jika ada pengembang yang nakal, maka dia akan menghadapi berbagai sanksi atau denda yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan. Salah satu yang harus dihadapi pengembang perumahan adalah pencabutan berbagai izin terkait dengan usaha developer.
Rahmad Budiono menyarankan kepada warga untuk meminta secara baik-baik kepada pengembang untuk menyediakan fasilitas tempat peribadatan. Namun, jika berkali-kali permintaan tersebut tidak disetujui oleh pengembang, maka warga bisa meminta bantuan kepada advokad guna memperjuangkan hak-haknya.
Selanjutnya, warga bisa melakukan penuntutan ke pengadilan atau melakukan langkah-langkah hukum lainnya. Misalnya melakukan hearing dengan DPRD Kota Malang atau melaporkan tidak adanya fasilitas tempat ibadah kepada Pemkot Malang. Namun, dia menyarankan untuk efektivitas dan efisiensi, sebaiknya warga mengajukan gugatan ke pengadilan saja. Karena yang mempunyai sifat putusan mutlak adalah pengadilan.
Sudah dilihat 103 kali

Komentar

  • Missing avatar

    Malah banyak mall, tempat wisata, rumah sakit yg menempatkan ruang ibadah di basements yang sumpek dan panas