Gowes Bareng Susuri Kali Code di Wilayah Keparakan

1 0 106
Gambar untuk Gowes Bareng Susuri Kali Code di Wilayah Keparakan
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam gowes bareng  di hari Jumat (27/11/2020) bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Yogyakarta, BPD DIY, Jogja Bike dan Asosiasi LPMK. Gowes bareng kali ini menempuh tiga rute perjalanan. Trip pertama berangkat dari Rumah Dinas Wawali di Jalan Suroto Kotabaru menuju RW 06 Bumijo. Selanjutnya trip kedua dari RW 06 Bumijo menuju Kelompok Tani Dewasa (KTD) Ayem Tentrem Keparakan Lor dilanjutkan trip ketiga dari KTD Ayem Tentrem menuju Suro Amerta Surokarsan.

Pada trip kedua, Wakil Walikota dan rombongan melewati beberapa jalan kampung menuju  Kelompok Tani Dewasa (KTD) Ayem Tentrem Kampung Keparakan Lor, Kel. Leparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Sebelum sampai di lokasi KTD Ayem Tentrem melihat dari dekat kampung keparakan kidul sebagai sentra kerajinan kulit.

Di Lokasi KTD Ayem Tentrem sebagai wisata edukasi kali code, dengan berbagai tanaman sayuran, kolam pemancingan, budidaya lele dan berbagai tanaman lainnya. Di lokasi ini,  Wawali rehat sejenak sembari menikmati hasil pertanian dan budidaya ikan yang dikelola oleh KTD Ayem Tentrem. Dalam kesempatan itu, juga diberikan bantual langsung tunai untuk pengembangan kawasan KTD Ayem Tentrem.

Ketua KTD Ayem Tentrem, Sariono menuturkan lahan yang ditanami jagung, gambas dan terong awalnya adalah lahan tidur yang kemudian dimanfaatkan oleh warga. Selain itu, warga juga membuat kolam.

“Saat ini baru ada tiga kolam, namun yang sudah dijadikan tempat budidaya baru dua, yaitu satu di kolam tanah, dan satu lagi di kolam terpal. Untuk yang di kolam terpal kami membudidayakan ikan jenis mutiara, dan sejauh ini hasil budidayanya cukup baik, baik dari sayurannya maupun dari budidaya ikannya,” kata Sariono.

Gowes baren ini sangat bermanfaat dalam rangka mengenalkan susur kali code untuk wisata jelajah kampung code. Diharapkan masyarakat bangkit untuk menata permukimannya agar bersih, tidak membuang sampah ke sungai dan pola hidup bersih. (KangRozaq)

#KelurahanKeparakan
#KTDAyemTentremKeparakan
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021
  3. Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 1
    Komentar

    Pengungsi Banjir Kota Pekalongan Telah Kembali Ke Rumah Masing-Masing

    Siswoyo R  di  Pekalongan Kota  |  21 Jan 2021