Gotong Royong Menyambut Evaluasi KKG-PKK-KKBPK-Kesehatan

18 September 2019, 06:11 WIB
2 0 71
Gambar untuk Gotong Royong Menyambut Evaluasi KKG-PKK-KKBPK-Kesehatan
Kelurahan Wirogunan sebagai salah satu Kelurahan di tingkat Kota Yogyakarta yang turut serta dalam Evaluasi Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan tahun 2019. Kegiatan ini dipusatkan di Pendopo Wiroguno, Gedung Serba Guna Mergangsan Kidul dan di wilayah RW 08, RW 03, RW 02, RW 01.

Penyambutan tim juri akan diterima dengan acara seremonial di pendopo Wiroguno, dengan seramgkaian acara yang telah disiapkan oleh panitia. Diawali dengan tarian Pasembahan dari asrama Kanduang Sumatera Barat, sebagai wujud peran serta dan dukungan mahasiswa asrama atas kegiatan ini. Penyerahan bunga dari salah seorang perwakilan Forum Anak Kelurahan, sebagai simbol, Penghormatan kepada tamu dari Kelurahan yang Ramah Anak, yang dilanjutkan dengan nyanyian selamat datang dari kelompok paduan suara Paguyuban PAUD Wirogunan. Serangkaian acara selanjutnya sebagai awal dimulainya evaluasi.

Tampilan administrasi evaluasi dipusatkan di Gedung Serba Guna Wirogunan, yang terdiri dari administrasi TP PKK Kecamatan Mergangsan, Administrasi TP PKK Kelurahan, administrasi PAUD, Dasa wisma, Kelurahan Siaga, Bank Sampah dan lain-lain. Pojok Gerakan Sayang Ibu (GSI) dengan tampilan administrasi dan kegiatan praktek lainnya di pusatnya di rumah salah satu warga (keluarga Bpk. Kiswarjanj) yang berada persis di Utara pendopo Wiroguno.

Lucus kegiatan berada di wilayah RW 08 Kampung Wirogunan akan ditinjau lapangan pertama kali oleh Tim Evaluasi. Di RW 08 ini akan melihat landscape taman sayuran dan toga dari Dasawisa dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Roti Asri.

Disamping itu, tim evaluasi akan melanjutkan peninjauan lapangan di wilayah RW 03 dengan Kelompok Pemakai Air (Pokmair), menyusuri jalan setapak kampung yang berada di pinggir kali code dengan berbagai tanaman sayur dan toga yang telah menjadi bagian dari keseharian warga RW 03. Berbagai Tanaman sayur dan toga dimaksud, ditanam dan dipelihara warga untuk kebutuhan warga sehari-hari.

Menyusuri jalan setapak kampung akan berakhir di RW 02 yang tersedia berbagai tanaman sayur dan bunga. Di locus ini, tim evaluasi akan melihat bank sampah, rumah sehat, lingkungan bersih dan sehat, kolam lele di lahan sempit, sekolah lansia dan beberapa hasil kreasi warga RW 02.

Evaluasi lapangan dilanjutkan di aula gereja Bintaran sebagai pusat kegiatan Kampung Keluarga Berencana (KB) dengan sajian administrasi Kampung KB, proses kegiatan Kamoung KB, Pusat Data KB, dan serangkaian proses KB lainnya.

Penutupan serangkaian proses evaluasi akan dipusatkan di Taman Toga di RW 01 yang berada di rumah Ketua RW 01, FX. Heri Nugroho. Di belakang rumah Ketua RW ini, tim evaluasi akan melihat berbagai jenis tanaman toga, sayuran, proses akupresur dan menikmati sajian musik sambil menikmati makan siang. FX. Hery Nugroho sebagai salah satu warga pencinta dan pemerhati tanaman toga menyediakan rumah dan halamannya dengan berbagai tanaman toga sebagai area penutupan kegiatan evaluasi.

Persiapan telah dilakukan dan diikhtiarkan warga, tidak hanya karena menyambut dan mengikuti evaluasi ini, namun telah menjadi keseharian warga di kampung Bintaran. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaaf

  Komentar untuk Gotong Royong Menyambut Evaluasi KKG-PKK-KKBPK-Kesehatan

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  2. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  3. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  4. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    PT Chandra Asri Dukung Penerapan Aspal Plastik Di Semarang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Semarang Kota  |  22 May 2020