GMNI Universitas Airlangga Adakan Seminar Nasional Di Hari Pahlawan

38604 medium post 46312 b50ac0dd faa4 40ee aff0 27eb8a052ee5 2018 11 11t16 15 00.673 07 00
“Merajut Semangat Nasionalisme Demi Tercapainya Integrasi Bangsa dan Negara”, merupakan tema seminar yang diangkat oleh salah satu organisasi mahasiswa ekstra kampus tsb.
Seminar ini diadakan dengan semangat dan tujuan untuk membangun kembali semangat nasionalisme dikalangan pemuda.
Seminar yang juga bertepatan pada momentum hari pahlawan itu mengundang Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H M.Hum, Anggota DPR RI Komisi XI, Dra. Eva Kusuma Sundari , M.A., MDE. , dosen FISIP Universitas Airlangga Drs. Bambang Budiono Mulyo Sugiarto, M. Sosio, Laksamana Muda (purn) Yuhas Tihar, dan Ony Setiawan selaku Sekretaris Persatuan Alumni GMNI Jawa Timur. Namun, dalam seminar kali ini Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H M.Hum tidak bisa menghadiri acara tersebut karena adanya sejumlah agenda. Seminar ini turut di hadiri oleh Ketua Bidang Pergerakan Sarinah dan Pelindungan Anak DPP GMNI Dia Puspitasari yang juga menjadi moderator dalam seminar nasional tersebut. "Ketua Umum DPP GMNI , Bung Robaytullah Kusuma Jaya tidak bisa hadir, dikarenakan persiapan agenda RAPIMNAS XX GMNI di Lebak" , tuturnya.
Namun hal tersebut, tetap saja tidak menyurutkan antusiasme hadirin dalam seminar yang dilaksanakan di Gedung Balai Pemuda Surabaya dan mampu menarik perhatian kalangan pemuda hingga berjumlah 320 peserta yang hadir. Dalam seminar ini pun, GMNI Universitas Airlangga mengundang Dewan Pengurus Komisariat lain baik yang berada di Surabaya maupun dari Luar kota seperti, GMNI FISIPOL UGM. Turut hadir dari beberapa DPC GMNI, seperti Kediri, Probolinggo, Banten, Serang, Madura, Semarang, Malang, Solo dan yang lainnya. Organisasi Mahasiswa lainnya pun turut diundang dan hadir seperti PMII, IMM, KAMMI, PMKRI, GMKI, HMI, dan sejumlah masyarakat umum.
Panitia berharap dalam seminar ini mampu memberikan semangat nasionalisme yang lebih kuat bagi pemuda dan siap menghadapi tantangan zaman.
Dalam seminar kali ini, Mbak Eva berharap dengan semangat kepahlawanan para pemuda dapat ikut andil untuk membangun demokrasi yg berkualitas dan meminta agar menghayati persoalan yg berbasis ideologis agar tidak ada lagi oknum-oknum yg berusaha menegasikan Pancasila. Sedangkan, Bang Ony Setiawan selaku sekretaris PA GMNI JATIM menuturkan bahwa GMNI ini tidak netral dalam arti memiliki keberpihakan ideologis maka dari itu sbg mahasiswa harus jelas arah geraknya dan peranannya untuk Bangsa ini. Mas Bambud Dosen FISIP UNAIR yang juga alumni GMNI UNAIR ini berpesan agar seluruh kader GMNI menjadikan spirit Pancasila Bung Karno sebagai landasan berfikir dan berjuang. Begitulah kesimpulan singkat yg disampaikan oleh moderator dalam seminar nasional tsb. #SalamMerdeka #SemangatHariPahlawan #SemangatGerakanMahasiswa
Sumber :
Dia Puspitasari, S. Sosio
Ellen Agnes Angelia
Sudah dilihat 116 kali

Komentar