Generasi Berencana Untuk Generasi Emas Indonesia

65306 medium img 20190530 wa0124
Jika berbicara tentang remaja pasti erat kaitannya dengan kata kuat, sehat dan semangat. Namun, perkembangan dunia yang kian mengglobal, menjadikan perubahan-perubahan besar terhadap perilaku remaja. Sayangnya perubahan tersebut lebih cenderung mengarah pada kegiatan negatif dibanding positifnya.

TRIAD KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) adalah tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu Seksualitas, pernikahan dini dan Napza. Remaja dalam kondisi ini tentu saja membutuhkan penanganan serta informasi seluas-luasnya mengenai kesehatan reproduksi, pentingnya menata masa depan dengan baik lewat meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri. Semua ini tentulah membutuhkan perhatian kita semua. Remaja tidak bisa berjalan sendirian tanpa pendampingan orang tua, masyarakat lingkungan serta negaranya.

Senada dengan permasalahan yang ada, kini sudah hadir Forum Generasi Berencana (GenRe) di setiap daerah, termasuk kota Cilegon. Forum GenRe Cilegon merupakan wadah komunikasi dan silaturahmi remaja yang tergabung dalam PIK Remaja, Saka Kencana dan Duta Genre Cilegon, memiliki tugas utama sebagi tempat berkumpul, diskusi, sharing dan bertukar pengalaman remaja Cilegon.

Di kota Cilegon sendiri, baru di tahun 2019 ini memilih Duta GenRe, yakni pada bulan April lalu tepatnya pada momentum hari jadi kota cilegon ke 20 di Cilegon Expo. Ini merupakan program dari BKKBN pusat yang bertujuan untuk memilih remaja-remaja yang aktif dan konsen di bidang KKBPK.

Ketua Forum GenRe Cilegon. Lia Gatra, menyampaikan bahwa Forum GenRe Cilegon memiliki tujuan untuk Tegar Remaja, Koordinasi POKTAN Remaja, Media Informasi dan kerjasama PIK Remaja.

“Ada empat tujuan Forum GenRe Cilegon, yaitu Tegar Remaja untuk membentuk karakter remaja menjadi TEGAR REMAJA, Yang kedua, Koordinasi POKTAN Remaja sebagai wadah silaturahmi PIK remaja, Saka Kencana dan Duta GenRe. Yang ketiga, media informasi untuk mengkoordinir informasi dan masukan tentang permasalahan remaja. Dan keempat, kerjasama PIK Remaja untuk pertukaran informasi antar PIK Remaja” Tutur Lia Gatra.

“Banyak program yang sudah kami laksanakan. Untuk bulan juli ini, kami akan melaksanakan beberapa program diantaranya diklat pengurus, pendataan PIK Se-kota Cilegon, input data kependudukan dan sosialisasi duta GenRe ke sekolah-sekolah. Saatnya yang muda yang berencana, dan kami adalah remaja Cilegon yang berkomitmen untuk ikut serta dalam pembangunan KKBPK menuju Cilegon emas. Kami hadir dengan energi baru dan siap menjadi TEGAR REMAJA” Tambahnya.

Itulah sekilas kabar tentang forum GenRe Cilegon, semoga bisa menjadi inspirasi daerah lainnya untuk sama-sama ikut serta membangun generasi berencana untuk generasi emas Indonesia. Semoga bermanfaat! #atmaGobanten #inspirasikomunitas
Sudah dilihat 141 kali

Komentar