Geliat PIK-R di RW 02 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

58837 medium post 64691 9f6bc2c6 3291 49a3 89f1 1d15ca2459f9 2019 04 17t22 53 11.675 07 00
Pusat Informasi dan Konseling Remaja(PIK-R) menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah suatu wadah kegiatan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.
PIK-R adalah salah satu program GENRE (Generasi Berencana) yang mberikan informasi atau konseling lebih detail tentang kesehatan reproduksi dan permasalahannya kepada remaja yang biasanya dilakukan di sekolah-sekolah maupun Non Sekolah agar remaja dapat mengenal organ reproduksinya dan dampak dari perilaku seks yang tidak sehat.
Di RW 02 Gunungketur Pakualaman, Yogyakarta Lembaga PIK-R dipadukan dengan Program Kampung Ramah Anak (KRA) karena memiliki subyek yang sama yaitu anak-anak yang harus kita lindungi hak dan kewajibannya, seperti pernah diungkapkan oleh bapak Hendro dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta pada acara Penguatan Lembaga PIK-R di RW02 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta pada 13 Oktober 2018.
Sampai saat ini kegiatan lembaga PIK-R
RW02 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta selalu diadakan setiap bulan dengan berbagai kegiatan positif yang tidak hanya konseling dan informasi kesehatan reproduksi tapi juga dikembangkan dengan kegiatan lain yang mengajak mereka berpikir positif dan kritis di era digital. Salah satunya dengan mengajak mereka belajar menulis di media online dan bijak menggunakan internet yang difasilitasi oleh atmaGo Yogyakarta, sebuah media online berbasis warga dan berjargon warga bantu warga. #RW02gunungketur
Sudah dilihat 45 kali

Komentar