Gelar Adu Domba Dalam Rangka Ruat Bumi di Desa Kosar, Cipeundeuy, Subang

37512 medium photogrid 1540609656581
Menyambut musim tanam tiba Pemerintahan Desa Kosar menggelar pagelaran adu doma dalam rangka ruatan bumi yang akan digelar di Lapangan Sepak Bola Desa Kosar, Kecamatan Cipeundeuy, Subang, Sabtu (27/10/2018) pagi sekitar jam 9.30 WIB.

Ruatan bumi yang digelar setiap tahunnya itu saat ini tampak meriah selain menampilkan berbagai kegiatan juga menampilkan pagelaran wayang golek Giri Harja 3 Putra yang akan dibawakan oleh Ki Dalang Yogaswara Sunandar Sunarya dari Bandung.

Tentu saja acara adu domba yang digelar itu menyedot perhatian warga mereka tampak beramai-ramai datang ke lokasi untuk menyaksikan dengan jarak dekat.

"Ruatan bumi ini sudah menjadi tradisi bagi warga desa di daerah ini sebelum musim tanam padi tiba untuk memeriahkannya mereka membawa hasil bumi menggunakan mobil bak terbuka keliling perkampungan di daerah Desa Kosar," kata Kades Kosar, Asep Sugianto.

Dia mengatakan, terciptanya kegiatan ini atas kerjasama dari bergai elemen khususnya atas gotong royong masyarakat desa mereka sejak acara hendak dimulai sudah bahu membahu menyiapkan sesuatunya agar acara ruatan bumi ini dapat berjalan dengan baik.

"Dengan digelarnya ruatan bumi berharap mendapatkan keberkahan agar hasil bumi para petani di daerah ini atau hasil panen padinya semakin meningkat, katanya.

Sementara itu, Warga setempat, Ading (45) mengatakan, rutan bumi sudah menjadi tradisi bagi warga mereka setiap tahunnya selalu merayakannya.

"Namun tahun ini cukup meriah dibanding dengan tahun sebelumnya selain dihibur dengan Wayang Golek Giri Harja 3 Putra dari Bandung juga ada kegiatan adu domba," kata Warga setempat, Ading.

Kegiatan ruatan bumi ini selain dihibur oleh pagelaran wayang golek juga dihibur dengan acara adu domba tentu saja menjadi perhatian warga pasang mata pun tertujunya."Mereka datang ke lokasi itu mungkin ingin menyaksikan dengan jarak dekat," pungkasnya.
Sudah dilihat 15 kali

Komentar