Gejog Lesung

30442 medium img 20180810 wa0004
Dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ke 73 , masyarakat Indonesia biasa merayakannya dengan beraneka kegiatan. Di Gowok Sleman Yogyakarta diadakan festival kesenian yang salah satunya menampilkan Gejog Lesung.

Gejog lesung berarti memukul lesung menggunakan alu. Lesung terbuat dari kayu yang berbentuk mirip kapal dengan cekungan ditengah. Sedangkan alu adalah kayu panjang giling. Alu dan lesung pada masa lalu digunakan oleh petani untuk memisahkan padi dari tangkainya atau padi dari kulit artinya. Suara tik tok tok tok tik tok yang dihasilkan dari Gejog lesung sangatlah unik dan berdinamika sehingga bisa digunakan untuk mengiringi nyanyian para petani perempuan kala itu.
Seiring perkembangan jaman penggunaan lesung untuk memisahkan padi tergantikan oleh mesin giling padi yang dianggap lebih efektif dan cepat.
Tetapi suara khas Gejog lesung telah memberi kesan sendiri pada warga khususnya petani sehingga yang berkembang adalah kesenian Gejog lesung.
Gejok lesung, menurut saya mengajarkan tentang keindahan dari kebersamaan dan kesederhanaan. Alat sederhana lesung dan alu dapat menghasilkan suara yang memiliki harmonisasi dan dapat mengiringi lagu karena dipukul oleh 5 sampai 6 perempuan.
Kesenian Gejog lesung bisa dianggap sebagai simbol bahwa negara kita adalah negara agraris. Gejog lesung juga bisa menjadi media untuk perempuan mengaktualisasikan diri. Sayangnya sekarang lesung menjadi barang antik dengan harga maha dan banyak generasi muda yang tidak mengenal kesenian ini.

Oleh karena itu langkah nyata untuk melestarikan budaya bangsa dan mengingatkan bahwa negara kita adalah negara agraris yang seharusnya mampu berswasembada pangan dari warga Gowok khususnya para perempuan penabuh Gejog ini perlu dicontoh.

*Foto oleh mbak Yati
#tujuhbelasan #perempuanmerdeka
Sudah dilihat 59 kali

Komentar