Gebyar Hari Kesehatan Nasional 2019 UPT Puskesmas Mergangsan

18 November 2019, 00:09 WIB
1 0 258
Gambar untuk Gebyar Hari Kesehatan Nasional 2019 UPT Puskesmas Mergangsan
Momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019, sebagai upaya pengingat publik, bahwa derajat kesehatan masyarakat yang tinggi akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan. Upaya tersebut dilakukan secara lebih memprioritaskan promotif-preventif dan menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Upaya menggerakkan masyarakat untuk turut ambil bagian dalam peringatan HKN, guna mendukung pembangunan kesehatan, maka UPT Puskesman Mergangsan mengadakan kegiatan Gebyar HKN ke-55. Kegiatan Gebyar HKN tersebut dilaksanakan pada Minggu (16/11/2019) di halaman Puskesmas Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta dan Gedung Serbaguna Kel. Wirogunan.

Gebyar HKN UPT Puskesmas Mergangsan dengan beberapa kegiatan, yaitu Sosialisasi Layanan Puskesmas, Pemeriksaan Kesehatan, Lomba menggambar dengan tema kesehatan, Sosialisasi inovasi Puskesmas dan Informasi Hidup Sehat dari Psikolog.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Mergangsan, Rini Rahmawati, SIP., M.IP, Lurah se-Kec. Mergangsan, Ketua LPMK se-Kec. Mergangsan, TP PKK Kota Yogyakarta, TP PKK Kec. Mergangsan, TP PKK se-Kec. Mergangsan,  orang tua peserta lomba, tokoh masyarakat dan masyarakat umum.

Kepala Puskesmas Kec. Mergangsan, drg. Risa Dhiana Permanasari dalam sambuatan pembukaan kegiatan menyampaikan, saat ini masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya.

Lebih lanjut, Kepala Puskesmas menambahkan upaya meningkatkan derajat tersebut dilakukan dengan gotong royong, bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan.

Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan Gebyar HKN tersebut, khususnya anak yang mengikuti lomba menggambar. Tidak kurang dari 100 orang peserta lomba,  dengan telanten dan penuh semangat dalam menggambar.

Pemeriksaan kesehatan menjadi daya tarik tersendiri bagi lansia. Dengan sabar dan tetap semangat menunggu antrian pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan tensi dan pengambilan sampel darah serta konsultasi kesehatan.

Disamping itu, yang tidak kalah antusiasnya, adalah Sosialisasi inovasi Puskesmas yang terdiri dari (1) pendaftaran antrian on-line; (2) Screening PTM (Penyakit Tidak Menular); (3) Fast Track layanan TBC (Tuberculosis), dengan layanan secara khusus di ruang khusus, yaitu ruang Pink; (4) Mastras Banting, yaitu Mari Berantas Baduta Stunting, dengan tujuang agar Ibu Sayang, Anak Riang dan Stunting Hilang; (5) Pelayanan ANC (pemeriksaan kehamilan) Terpadu, yaitu Minteraken (Minggu Terpadu Kagem Kesehatanipun) Piyantun Mbobot Langkah “CAKEP” Turunkan AKI (Angka Kematian Ibu); (6) Alur Khusus pelayanan rujukan rutin BPJS Pasien Umum, Lansia dan Anak.

Camat Mergangsan, Rini Rahmawati dalam sambutannya menyatakan, menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Puskesmas sebagai rujukan pertama bagi masyarakat. "Menjaga kesehatan, penting dalam hidup', ujarnya.

Upaya memberikan informasi atas inovasi yang dilakukan oleh UPT Puskesman Mergangsan, adalah dengan menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi dimaksudkan agar informasi atas inovasi dan serangkaian kegiatan UPT Puskesma  lebih lengkap tersampaikan kepada masyarakat, dan diharapkan masyarakat mampu menyampaikan kepada masyarakat lainnya.(KangRozaq)

#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#PuskesmasMergangsan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar untuk Gebyar Hari Kesehatan Nasional 2019 UPT Puskesmas Mergangsan

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  2. MENGAWAL KEBIJAKAN RESPONSIF JENDER DARI DESA

    Yani Mashudi  di  Manyar, Gresik  |  23 Sep 2020
  3. KOMUNITAS BELAJAR MADANI SOLO (KOMBES) terbentuk!

    Tina Dewi S  di  Surakarta Kota  |  22 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 15
    Komentar

    Royongan Komposter

    Narumi Akana  di  Wonosobo  |  27 Sep 2020
  2. 4
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  3. 4
    Komentar

    FORUM MADANI WONOSOBO

    Bhayu Surya  di  Wonosobo, Wonosobo  |  24 Sep 2020
  4. 2
    Komentar

    Boomingkan Literasi, TBM AL-LATIF Berkolaborasi dengan KKN UIN SMH Banten 2020

    @leo_ikals  di  Mandalawangi, Pandeglang  |  28 Sep 2020