"GEBER BAITURRAHMAN”, Aksi Sosial Masjid Baiturahman Tamansiswa dalam Pandemi Covid-19.

27 May 2020, 05:52 WIB
1 2 224
Gambar untuk "GEBER BAITURRAHMAN”, Aksi Sosial Masjid Baiturahman Tamansiswa dalam Pandemi Covid-19.
Dampak pandemi Covid-19 dirasakan oleh masyarakat di wilayah Mergangsan Kidul. Membantu warga terdampak Covid-19 dilakukan oleh elemen masyarakat, lembaga sosial dan pemerintah. Masjid Baiturrahman dengan wilayah dakwah di RW 23 dan RW 24 Kampung Mergangsan Kidul, Kel. Wirogunan, turutserta membantu warga muslim terdampak Covid-19.

Aksi sosial membantu umat islam di wilayah dakwah Masjid Baiturrahman menjadi agenda Takmir Masjid Baiturrahman dalam pandemi Covid-19. Aksi Sosial “GEBER BAITURRAHMAN” sebagai gerakan bersama bantu sesama melalui masjid Baiturrahman.

Geber Baiturrahman tahap pertama telah dilaksanakan pada Senin (18/5/2020) dengan membagikan voucher belanja kepada 47 keluarga terdampak Covid-19. Takmir Masjid, menyasar warga terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan dari pemerintah. InsyaAllah tahap ke-2 akan dilaksanakan pada Senin (8/6/2020), dengan jangka waktu vocher selama 5 hari ke depan.

Abdul Razaq, Sekretaris Takmir Masjid Baiturrahman menjelaskan dalam aksi “GEBER BAITURRAHMAN”, Takmir membagikan empat lembar voucher belanja senilai Rp 50.000 kepada warga penerima manfaat. Voucher tersebut terdiri dari 3 lembar masing-masing bernilai Rp 10.000 dan satu lembar bernilai Rp 20.000.

Setiap lembar voucher berisi (1) nilai nominal voucher; (2) Himbauan/motivasi/ajakan atau pesan-pesan moral dakwah; (3) Jangka waktu penggunaan voucher; dan (4) Hal-hal lain yang dianggap penting sebagai pesan Takmir kepada jama’ah/penerima manfaat.

“Voucher tersebut tidak dapat ditukar dengan uang, namun ditukar dengan belanja kebutuhan sehari-hari dari warga penerima manfaat di warung klontong atau warung sayuran yang telah ditunjuk oleh Takmir. Pemilik warung klontong atau warung sayuran tersebut adalah warga di lokasi dakwah masjid Baiturrahman, yang juga jamaah masjid. Penerima manfaat dapat membelanjakan sayuran, bumbu dapur, gas elpiji, dan sebagainya”, ujar Razaq yang juga Ketua GASA Wirogunan.

Warung yang telah menerima voucher belanja tersebut, akan ditukar dengan uang oleh Bendahara Takmir pada sore hari di hari yang sama. Selain itu, dimungkinkan takmir akan menitipkan uang kepada warung-warung dimaksud sebagai tambahan modal. Selanjutnya akan diperhitungkan dengan voucher yang diterima oleh warung.

Manfaat yang diperoleh Warung yang telah ditunjuk, antara lain jualannya laku terjual, sehingga akan membantu perputaran ekonomi dari keluarga pemilik warung. Penerima manfaat dapat menukar voucher dengan jenis barang yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Dana atas aksi ini berasal dari Infaq, shodaqoh dan zakat maal dari masyarakat yang dikoordinir oleh Takmir Masjid Baiturrahman. Disamping Takmir menyediakan Kotak Infaq khusus Aksi “GEBER BAITURRAHMAN" dan ditempatkan di Masjid Baiturrahman”, terang Razaq.

Selain itu, Takmir Masjid Baiturrahman akan memberi kesempatan kepada masyarakat, khususnya umat islam di wilayah Mergangsan Kidul untuk turutserta dan ambil bagian dalam aksi ini. Takmir Masjid Baiturrahman menerbitkan edaran dalam bentuk Paket Shodaqoh, dan Infaq senilai Rp Rp 100.000 setiap paketnya. (KangRozaq)

#MasjidBaiturrahmanTamsis
#AbdulRazaq

  2 Komentar untuk "GEBER BAITURRAHMAN”, Aksi Sosial Masjid Baiturahman Tamansiswa dalam Pandemi Covid-19.

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Pelatihan Kerja Gratis dari BAZNAS DKI

    Wiwin Anastasia  di  Jakarta Pusat  |  3 Jul 2020
  2. Gempa M. 6,1 Guncang Jepara Jawa Tengah , Getaranya Terasa Sampai Sukabumi

    HumanityNews  di  Cikole, Sukabumi Kota  |  7 Jul 2020
  3. MOBIL TERTABRAK KERETA API DIPUCUK LAMONGAN

    Ulin Nuha  di  Pucuk, Lamongan  |  2 Jul 2020
  4. Kunjungan Danrem 162/WB di Pasar Jelojok Kopang

    narma  di  Kopang, Lombok Tengah  |  3 Jul 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Hubungi Pak Syamsul Untuk Cuci Mobil Panggilan Wilayah Jaksel

    Widya Sari  di  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan  |  7 Jul 2020
  2. 2
    Komentar

    Pelatihan Kerja Gratis dari BAZNAS DKI

    Wiwin Anastasia  di  Jakarta Pusat  |  3 Jul 2020
  3. 1
    Komentar

    Pengumuman 20 Pemenang Survey COVID-19

    AtmaGo  di  Jakarta Pusat  |  4 Jul 2020
  4. 0
    Komentar

    Benarkah Bawang Putih Dapat Turunkan Risiko Kanker?

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Krembangan, Surabaya  |  6 Jul 2020