Gatal Gatal Berjamaah? Wah Bisa Jadi Scabies

31398 medium 2d12c933605127f291d754f1ca945f14
Atmaguys pernah mengalami gatal yang muncul terutama di malam hari? dan pada saat yang sama ada keluarga atau orang lain yang tinggal satu rumah mengalami hal yang sama? Jika iya, kemungkinan itu adalah penyakit scabies. Pada kesempatan kali ini mari kita pelajari penyakit scabies pada manusia, mulai dari pengertian, penyebab, gejala, cara penularan dan pengobatannya dengan harapan agar penyakit yang menimbulkan gatal beramai-ramai ini bisa segera dikenali dan diobati dengan baik sehingga jangan sampai menyebar luas di lingkungan kita.

Penyakit scabies adalah penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh tungau atau kutu kecil yang bernama Sarcoptes scabiei varian hominis, gejalanya ditandai dengan keluhan gatal, terutama pada malam hari dan mudah menular melalui kontak langsung atau tidak langsung.


Kudis merupakan salah satu penyakit kulit yang paling umum di negara-negara berkembang. WHO menyatakan bahwa kudis telah menjangkiti lebih 130 juta orang di seluruh dunia.

Di negara-negara maju, kudis terjadi di institusi kesehatan seperti rumah sakit dan pada komunitas tertentu. Sementara di negara-negara berkembang, terutama daerah miskin, anak-anak dan lansia merupakan kelompok orang yang paling rentan terkena penyakit kulit ini. Meski demikian, kudis tetap berpotensi menyerang siapa saja, temasuk orang yang sehat.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, penyakit scabies disebabkan oleh tungau yang berukuran kecil tak tampak oleh mata telanjang sehingga untuk melihatnya diperlukan alat bantu berupa mikroskop. Ukuran kutu (tungau) betina adalah 0,3-0,4 mm, sedangkan S. scabei jantan setengah dari ukuran betina. Sarcoptes scabei penyebab gudikan atau kudis Kutu betina yang sudah dibuahi akan tinggal di bawah kulit dengan membuat liang terowongan pada kulit, disana ia bertelur sekitar 40-50 butir telur, dan akan menetas dalam waktu 3-5 hari. Di luar kulit, kutu ini hanya dapat bertahan hidup 2-3 hari pada suhu kamar.

Kudis biasanya memiliki masa inkubasi sekitar 30-42 hari sebelum muncul rasa gatal dan ruam. Tetapi kalau Atmaguys pernah mengidap kudis, waktu kemunculan gejala akan jauh lebih cepat (umumnya dalam 24 hingga 48 jam).

Ruam tempat tungau bersarang umumnya muncul pada sela-sela jari, ketiak, pergelangan tangan, siku, sekitar payudara, sekitar puting susu, serta telapak tangan dan kaki. Demikian pula di sekitar selangkangan, bokong, lutut, dan sekitar organ intim.

Karena penyebab scabies adalah kutu yang dapat menyebar dari orang ke orang maka penyakit ini mudah menular. Penularan scabies bisa terjadi secara kontak langsung atau bersentuhan kulit-kulit dan hubungan suami istri. Bisa juga terjadi secara tak langsung misalnya melalui pakaian, handuk, dan tempat tidur yang dipakai bersama-sama. Maka tak heran jika penyakit scabies ini akan mengenai orang secara berjamaah seperti dalam satu keluarga, satu asrama, pondok pesantren, dan satu sekolah.

Tungau kudis akan terus berkembang biak dalam lapisan kulit pengidap jika tidak ditangani atau langkah pengobatannya tidak tepat. Tungau ini tahan terhadap air hangat serta sabun sehingga tidak bisa diberantas meski pengidap sudah menggosok tubuh sampai bersih pada saat mandi. Pengidap tetap membutuhkan penanganan medis secara berkala sampai tuntas.

Jika salah seorang anggota keluarga Atmaguys mengidap kudis, terdapat beberapa langkah mudah untuk mencegah penularannya. Atmaguys dianjurkan menggunakan air panas untuk mencuci pakaian, handuk, serta seprai yang dipakai oleh pengidap, segera setelah proses pengobatan dimulai. Jangan lupa untuk menjemurnya di bawah terik matahari atau mengeringkannya dengan suhu panas yang tinggi dalam mesin cuci.

Khusus untuk barang-barang yang tidak bisa dicuci, bungkuslah dengan rapat dalam plastik dan letakkan di tempat yang jauh dari jangkauan selama setidaknya 14 hari agar tungau-tungau mati. Kontak dengan orang-orang yang tinggal serumah juga sebaiknya dihindari sebisa mungkin hingga pengidap kudis pulih sepenuhnya.

Nah, sekarang Atmaguys sudah tau tentang penyakit Scabies kan, jadi jngan ragu untuk pergi ke dokter terdekat seandainya kalian merasakan gejala seperti yang sudah disebutkan ya! Ingat, sakit itu murah dan mudah, tapi sehat itu mahal. Jangan malas menjaga kebersihan dan kesehatan kita dan lingkungan ya Atmaguys!



Sumber :

https://doktersehat.com/skabies-kudis/

https://www.alodokter.com/kudis

https://mediskus.com/penyakit/scabies-kudis-gudik
Sudah dilihat 253 kali

Komentar