Gang Kepatihan Jadi Kampung Tematik Unggulan di Bogor

52936 medium img20190308143723
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan Gang Kepatihan yang terletak di Kecamatan Bogor Tengah akan menjadi salah satu kampung tematik unggulan di Kota Hujan. Menurut Bima, kampung ini memiliki 3 dimensi yakni dimensi wisata, dimensi kuliner, dan dimensi pembelajaran, karena kampung ini jadi percontohan untuk pengelolaan sampah.

"Saya senang dengan adanya kampung tematik ini karena warganya siap dan semangat untuk menjadikan kampung mereka lebih baik," ujar Bima, Jumat (8/3/2019).

Seperti diketahui kampung tematik di Gang Kepatihan ini mengusung tema Internasional. Hal ini sudah terasa mulai dari depan gang Kepatihan. Di kedua sisi temboknya, terdapat lukisan rumah-rumah tua empat dimensi ala Kota Takayama Jepang dan hiasan pohon-pohon sakura.

Tak hanya nuansa Jepang, pengunjung juga bisa merasakan suasana Kota London karena terdapat lukisan tentara kerajaan London dan tembok platform 9 3/4 yang ada di dalam film Harry Potter.

"Kami buat kampung tematik ini berbeda dari kampung tematik lainnya, karena kami mengusung bangunan yang bisa dibentuk alias empat dimensi," ujar Ketua Tim Kreator Kampung Tematik, Sugiarno.

Sugi mengatakan, seluruh spot lukisan di Kampung Tematik ini bisa menjadi spot untuk foto yang cukup Instagramable. Warga memang bertujuan untuk menarik wisatawan agar datang ke kampung mereka itu.

Sebelumnya kampung yang terletak dekat dengan Stasiun Bogor ini sama sekali tidak pernah dilirik pelancong. Namun sekarang Gang Kepatihan menjadi destinasi wisata baru di Kota Bogor.

"Kami juga akan sediakan berbagai macam kuliner karena warga disini jagonya kuliner, juga akan kami sewakan baju-baju kimono Jepang sebagai pelengkap saat berfoto lengkap dengan merchandise-nya," jelasnya.

Ketua RT Gang Kepatihan, Heni Hanifah, mengatakan kampung tematik berkonsep internasional ini belum sepenuhnya rampung. Menurutnya, masih banyak spot-spot yang perlu dipercantik lagi.

"Itu lukisan negara-negara asing, Jepang, Prancis, Inggris. Ini semua belum selesai, ini baru awal pengerjaan, rencananya seluruh kampung akan di lukis, sekarang baru depannya aja," ujar Heni saat ditemui di Gang Kepatihan, Jumat (8/3/2019).

Meski masih dalam tahap pengerjaan gang Kepatihan ini kata Heni sudah mulai menarik perhatian warga Bogor. Hal itu terlihat dengan mulai ramainya pengunjung yang penasaran dan ingin berfoto di tempat tersebut.

"Warga sini sih senang-senang aja jadi ramai kan, kemaren dari sekolah-sekolah sudah mulai ke sini, nantinya seluruh kampung akan di lukis ada lima RT yang akan dilukis. Kita pengen ada kemajuan, ada perubahan di kampung kita ini," kata Heni.

Sudah dilihat 43 kali

Komentar