Fungsi dan Manfaat Tanaman Air Apu Apu

31493 medium 7665347 f294b1ed 0dea 47f2 8fea b1bb2b018d80 600 570
Beberapa waktu lalu saya sempat berkunjung ke Bali untuk pertama kalinya. Buat saya pribadi Bali menyimpan keunikannya tersendiri, kebudayaan yang masih terjaga dan atmosphere magisnya. Jadi tidak salah kalau Bali di sebut tanah para dewa karena hampir disetiap sudutnya pasti bisa ditemukan keindahan budayanya.

Salah satu yang paling berkesan buat saya adalah ketika menemukan tanaman air yang diletakkan diwadah batu. Waktu itu saya dan beberapa sahabat saya memutuskan untuk menginap di cottage ditepi pantai Bali. Dalam perjalanan menuju ke cottage kami harus berjalan kaki karena hanya ada jalanan setapak. Disalah satu sudut anak tangga mata saya tertuju pada tanaman air itu. Sekilas terlihat sangat primitif dan sederhana tapi ternyata dari hal yang sederhana bisa menimbulkan kesan yang mendalam.

Saya memutuskan untuk mencari tahu dan berniat untuk menanamnya juga sekembalinya dari liburan. Tapi ternyata karena kesibukan dan rutinitas, saya baru sempat mencari tahu setelah sekian lama. Tanaman air yang saya lihat kala itu ternyata bernama Apu-Apu. Selain sederhana dan cantik ternyata tanaman Apu-apu ini juga memiliki banyak manfaat. Mengutip dari salah satu blog, Alamendah's Blog, Selain sebagai penghias (tanaman hias air), apu-apu berfungsi juga sebagai pembersih dari pencemaran air.

Apu-apu juga disebut sebagai tanaman pelindung akuarium. Fungsinya bisa untuk menyerap logam - logam limbah dan penecemaran air lainnya. Tanaman apu apu juga bisa di gunakan untuk berkembang biak ikan, melindungi ikan dari terik matahari, meningkatkan oksigen di dalam air, filter alami, cocok untuk tempat persembunyian anakan ikan ataupun tempat ikan meletakkan telurnya.

Selain manfaat tersebut diatas, Alamendah juga menyebutkan kalau tumbuhan ini juga mengandung alkaloid, tanin, flavonoid, saponin, minyak, lemak dan glikosid sehingga dapat pula digunakan sebagai bahan obat herbal dalam mengobati demam, batuk rejan, dan pelancar air seni.

Begitu tahu banyak manfaat dibalik kesederhanaan Apu-apu, saya jadi tambah bersemangat untuk ikut menanam. Seperti kutipan dari blog alamendah bahwa di balik kesederhanaannya, ki apu memiliki keampuhan dalam menyerap pencemaran air, bahan radioaktif, dan logam yang terdapat di dalam air. Sehingga selain menikmati keindahan daunnya, air pun bisa menjadi lebih bersih. Tanaman ini bisa ditemukan dipenjual tanaman hias di tepi jalan ataupun toko online. Harganya pun relatif terjangkau, disalah satu OL shop harga beli nya cukup Rp3,000/pcs. Murah bukan, selamat memperindah rumah idaman.
Sudah dilihat 138 kali

Komentar