FORMMAD Boyolali Usulkan 7 Alternatif Solusi Permasalahan KIBBL

1 0 49
Gambar untuk FORMMAD Boyolali Usulkan 7 Alternatif Solusi Permasalahan KIBBL
BOYOLALI—Forum Masyarakat Madani (FORMMAD) Boyolali mengusulkan 7 (tujuh) alternatif solusi permasalahan Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIBBL) di kabupaten tersebut. Ketujuh usulan alternatif solusi itu meliputi, sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan Anak, mendorong pembentukan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) berbasis masyarakat di tingkat desa serta mendorong penyusunan Peraturan Desa (Perdes) Perlindungan Anak.

“Kami juga mendorong agar pemerintah desa menyediakan armada kesehatan desa. Kemudian Pemrintah kabupaten membuat kebijakan penambahan dokter spesialis kandungan, perluasan akses jaminan kesehatan (JamKes) bagi warga miskin serta perbaikan jalan akses ke pedesaan,”ujar Sekretaris Presidium FORMMAD, Yayah Maryamah, kepada media di Boyolali, Selasa (24/11). Sebagaimana diketahui, FORMMAD adalah simpul belajar Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang dibentuk 16 OMS di Boyolali.

Menurut Yayah, rumusan 7 alternatif solusi itu dihasilkan dalam serangkaian kegiatan FORMMAD yang dilakukan sejak awal bulan ini, di antaranya Pelatihan Fasilitasi Simpul Belajar. Kegiatan tersebut didukung USAID melalui program MADANI. Ketujuh usulan itu adalah hasil dari analisis permasalahan KIBBL di Boyolali. Dikatakan Yayah, KIBBL masih menjadi persoalan serius dan menjadi isu strategis. Meskipun upaya berbagai pihak, khususnya Pemkab Boyolali sudah menunjukkan upaya maksimal, namun kasus KIBBL setiap tahun cenderung stabil dan tidak ada gejala menurun.

Misalnya saja, lanjut Yayah, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, sampai bulan September lalu angka kematian ibu melahirkan sudah 13 kasus atau sama dengan kejadian tahun 2019 lalu. Serta angka kematian bayi mencapai 81 kasus. Tahun 2019 lalu AKB di Boyolali sebanyak 121 kejadian. Oleh karena itulah, pihaknya mencoba menganalisis permasalahan itu dari perspektif masyarakat, bukan pendekatan klinis.

“Dalam pelatihan itu kami menganalisis permasalahan KIBBL dari perspektif kebiasaan/budaya yang masih berlangsung di masyarakat serta aspek ekonomi warga,”ujar Yayah, yang juga Direktur Lembaga Kajian untuk Transformasi Sosial (LKTS) Boyolali.

Anggota Presidium FORMMAD, Nuri Rinawati menambahkan, akar persoalan KIBBL di Boyolali adalah perkawinan anak. Akibat pernikahan anak atau pernikahan dini, perempuan hamil dalam usia dini atau anak, yang tentu saja alat reproduksinya belum matang. Hal ini mengakibatkan risiko tinggi saat melahirkan. Belum lagi kesiapan psikis anak dalam merawat bayinya.

Menurutnya, perkawinan anak menjadi masalah krusial karena di sejumlah wilayah seperti Kecamatan Selo, Musuk, Cepogo dan Kecamatan Ampel, masih ada tradisi setempat menikahkan anak perempuan dalam usia sekolah, baik SMP atau SMA. Oleh karena itu, tandas Nuri, pembentukan Lembaga Perlindungan Anak berbasis masyarakat di desa dan Peraturan Desa (Perdes) tentang Perlindungan Anak menjadi penting.

“Persoalan anak lain yang turut berkontribusi pada permasalahan kematian ibu dan anak di Boyolali adalah pergaulan bebas. Akibat pergaulan bebas banyak kasus kehamilan yang tidak dinginkan dan muncul kasus aborsi. Aborsi sangat berisiko tinggi pada kejadian kematian ibu dan bayi,”ujar Nuri yang juga aktivis Forum Peduli Perempuan Boyolali (FPPB).

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Hal Loker

    yoga libiya  di  Setiabudi, Jakarta Selatan  |  12 Jan 2021
  2. PMI Kota Bandung Gelar Pelatihan Jurnalistik

    Rudi S  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  10 Jan 2021
  3. Captain Afwan, Pilot Sriwijaya Air Yang Jatuh, Mantan Penerbang TNI AU

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jakarta Utara  |  9 Jan 2021
  4. WN 88 Sektor Cikarang Barat Sub Unit 01 Bekasi Raya Priode 2021-2023 Resmi Diberikan SK

    Indra Gunawan  di  Cikarang Barat, Bekasi Kabupaten  |  9 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 12
    Komentar

    KSR PMI KOTA BANDUNG GELAR PELATIHAN JURNALISTIK DASAR

    dede adi sukmana  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  10 Jan 2021
  2. 8
    Komentar

    PMI Kota Bandung Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

    Annisa Qurrotu Ainy  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  10 Jan 2021
  3. 7
    Komentar

    PMI Kota Bandung Kembali Mengirimkan Relawan ke Bencana Longsor Sumedang

    KSR PMI Kota Bandung  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  11 Jan 2021
  4. 6
    Komentar

    Hal Loker

    yoga libiya  di  Setiabudi, Jakarta Selatan  |  12 Jan 2021