FKDM Mergangsan Turutserta dalam Bimbingan Teknis FKDM Kota Yogyakarta

21 November 2019, 11:48 WIB
0 1 171
Gambar untuk FKDM Mergangsan Turutserta dalam Bimbingan Teknis FKDM Kota Yogyakarta
Kantor Kesatuan Bangsa (KESBANG) Kota Yogyakarta mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Deteksi Dini, dan Cegah Dini dalam Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) di Kota Yogyakarta pada Kamis (21/11/2019).

Kegiatan dilaksanakan di Grage Ramayana Hotel, Sosromenduran, Gedongtengen, Yogyakarta, dihadiri sekitar 100 orang yang terdiri dari anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Yogyakarta, FKDM Kecamatan se-Kota Yogyakarta, staf Kantor Kesbang Kota Yogyakarta dan sekretariat FKDM Kota Yogyakarta.

Narasumber dalam Bimtek terdiri dari Kapolresta Yogyakarta yang diwakili oleh Kasat Intel Yogyakarta dengan materi "Peran Intelejen dalam melakukan Deteksi Dini terhadap Perkembangan Gangguan Kamtibmas", Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Yogyakarta, Drs. Zenni Lingga menyampaikan materi "Pemetaan konflik sosial, teknis wawancara dan pelaporan". Sementara dari Badan Intelejen Nasional Daerah (Binda) DIY dengan materi "Upaya Deteksi Dini dan Cegah Dini dalam ATHG di Kota Yogyakarta dan "Pertajam Naluri dan Memperluas Jaringan Intelejen guna memperkuat Ketahanan Nasional dari berbagai potensi ancaman" disampaikan oleh Komandan Kodim 0734 Yogyakarta.

Bimtek FKDM dibuka oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Yogyakarta, Drs. Zenni Lingga. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kesbang menyampaikan Bimtek dilakukan sebagai langkah penguatan anggota FKDM, khususnya berkaitan dengan upaya deteksi dini maupun cegah dini potensi ganguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). FKDM dapat memahami materi, peran dan tugasnya.

"Materi yang akan disampaikan dalam bimtek sangatlah penting bagi FKDM. Harapannya FKDM memiliki pengetahuan yang lengkap, mulai dari deteksi dini potensi konflik, hingga pelaporan. Dengan informasi dan laporan dari FKDM tersebut, akan menjadi pengambil kebijakan bagi Walikota", tuturnya.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan penyampain materi dari Kapolresta Yogyakarta yang diwakili oleh Kasat Intel Yogyakarta, Sudiro, dengan materi "Peran Intelejen dalam Melakukan Deteksi Dini terhadap Perkembangan Gangguan Kamtibmas". Kasi Intel menjelaskan, pengetahuan intelejen tentang Deteksi dini gangguan Kamtibmas di Kota Yogyakarta.

Lebih lanjut, Kasat Intel mengatakan deteksi dini perlu dilakukan sebelum berkembang. Peran FKDM diperlukan untuk memberikan informasi awal atas kondisi di wilayah. Laporan dari FKDM tersebut menjadi bahan kajian dan pengambilan keputusan bagi Walikota atau Wakil Walikota Yogyakarta. Hal tersebut bertujuan agar Yogyakarta tetap aman dan nyaman dan tidak terjadi konflik sosial.

"Tugas FKDM sangat mulia, dan apabila berhasil tidak dipuji, namun bila gagal akan dicaci maki", katanya.

Selanjutnya, Kepala Kesbang Kota Yogyakarta menyampaikan materi tentang Pemetaan Konflik Sosial, Teknis Wawancara dan Teknik Pelaporan. FKDM yang berfungsi sebagai mata dan telinga pemerintah Kota Yogyakarta dengan tujuan berkontribusi dalam pencegahan, sehingga konflik tidak sampai muncul dan berkembang.

"Menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi konflik dan ATHG dalam rangka upaya pencegahan dini dan penanggulangan secara dini,  serta memberikan laporan informasi" ujarnya.

Ketua FKDM Kec. Mergangsan, Abdul Razaq menyatakan, anggota FKDM Mergangsan sebanyak 6 orang, yang tidak bisa hadir seluruhnya. Ketidak hadiran anggota, karena bersamaan dengan acara di Kecamatan. Namun demikian, informasi dan materi dalam Bimtek ini, akan dikomunikasikan dan didiskusikan dalam forum FKDM Kec. Mergangsan.

"Terima kasih kepada Kantor Kesatuan Bangsa Kota Yogyakarta dan FKDM Kota yang telah mengadakan dan memfasilitasi kegiatan Bimtek ini. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi anggota FKDM untuk terus bergerak, berbuat dan bermanfaat", pungkasnya.

FKDM memiliki peran penting dalam masyarakat dengan tugas mulia. (KangRozaq)

#FKDMMergangsan
#AbdulRazaq
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  1 Komentar untuk FKDM Mergangsan Turutserta dalam Bimbingan Teknis FKDM Kota Yogyakarta

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  2. CleanUp Kerja Bakti

    Pemuda Sosial Pulo Timaha  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  19 Sep 2020
  3. Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  4. Warga Kampung Wirogunan Lakukan Mapping Wilayah untuk Penyusunan Masterplan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  20 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    WORLDCLEANUPDAY, 19 SEPTEMBER 2020

    Umi sulvian  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  19 Sep 2020
  2. 4
    Komentar

    Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  3. 3
    Komentar

    FORUM MADANI WONOSOBO

    Bhayu Surya  di  Wonosobo, Wonosobo  |  24 Sep 2020
  4. 3
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020