Finger Painting Menarik Perhatian Anak Didik SPS PAUD RW 24 Mergangsan Kidul

27 October 2019, 17:31 WIB
1 0 171
Gambar untuk Finger Painting Menarik Perhatian Anak Didik SPS PAUD RW 24 Mergangsan Kidul
Pembelajaran yang bervariasi menjadi perhatian khusus bagi pengelola dan pendidik PAUD Mekarsari RW 24, Mergangsan Kidul, Kel. wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Setiap kegiatan PAUD dipastikan materi pembelajaran berbeda. Hal ini dimaksudkan, agar peserta didik tidak cepat bosan dan memberikan variasi bagi anak.

Salah satu materi yang dilaksanakan pada kegiatan PAUD hari Ahad (27/10/2019) adalah Finger Painting. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di halaman Pondok Seni Wayang Ukur RW 24 Mergangsan Kidul.

Finger painting merupakan jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar. Bahan yang digunakan adalah pasta warna, dengan warna dasar yaitu warna biru, kuning dan merah, disamping dengan warna campuran.

Pengelola PAUD Mekarsari RW 24, Mardiana Wati menjelaskan bahwa materi finger painting ini bertujuan agar anak dapat mengembangkan ekspresi melalui media lukis dengan gerakan tangan, mengembangkan fantasi, imajinasi, dan kreasi, melatih otot-otot tangan jari, melatih kecakapan mengombinasikan warna, dan  memupuk perasaan terhadap gerakan tangan serta memupuk keindahan.

"Anak-anak menikmati kegiatan finger painting ini, dan mereka bangga dengan hasilnya. Sebagai pendidik dan pengelola, hanya memberikan fasilitas dan mengarahkan cara dan teknik finger painting, dan selanjunya anak berkreasi sendiri", ujarnya.

Selanjutnya dia menjelaskan, dalam kegiatan ini anak-anak sangat menikmati kegiatan finger painting dan mereka meminta agar kegiatan pembelajaran  dengan finger painting sering diajarkan kepada mereka.

Salah satu pendidik, Narastyari Asrawindya yang juga asisten dosen pada fakultas psikologi di salah satu universitas swasta  Yogyakarta menyatakan bahwa anak-anak secara tidak langsung akan tumbuh percaya diri. Dia akan merasa senang jika ia menorehkan karya kecil. Apalagi jika kita mengapresiasi hasil pekerjaan anak dengan pujian. Kepercayaan diri pada anak, akan sangat membantu anak untuk mencoba aktifitas seni yang lain, misalnya mewarnai, menggambar dan lain-lain.

Selain itu, finger painting akan membantu anak untuk menyampaikan perasaannya. "Saat mereka melakukan fingernpaibting, banyak anak yang sambil bercerita dan berfantasi atas apa yang dilakukan", ujarnya.

Finger painting sangatlah membantu anak dan SPS PAUD Mekarsari 24 akan mengagendakan secara berkala materi finger painting. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#PAUDMerkasari24
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar untuk Finger Painting Menarik Perhatian Anak Didik SPS PAUD RW 24 Mergangsan Kidul

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  2. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  3. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  4. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    PT Chandra Asri Dukung Penerapan Aspal Plastik Di Semarang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Semarang Kota  |  22 May 2020