Festival Merapi 2018 dan Grand Opening Embung Jetis Suruh,Sleman

44135 medium img 20181226 wa0010 44136 medium img 20181226 wa0010 44137 medium img 20181226 wa0010
Festival Merapi 2018 telah usai.Acara yg diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dengan tema "Gebyar Seni Lereng Merapi" itu berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 22-23 Desember 2018 di 3 tempat sekaligus dengan berbagai macam kegiatan dan hiburan diantaranya di lapangan Denggung menampilkan ketoprak Cepet,barongsai dan sendratari Roro jonggrang.Di Telogo Putri Kaliurang mementaskan Jathilan putri selama 30 jam nonstop.
Sedangkan di embung Jetis suruh kemeriahan acara yang disambut dengan antusiasme warga diawali dngan penampilan jatilan dari dusun Brengosan,Donoharjo.Sebanyak 50 pemari dan pengrawit ikut dalam pertunjukan ini.
Kemudian sekitar pukul 10 diadakan Opening Ceremony yaitu pembukaan Festivak Merapi 2018 yang dihadiri Wakil Bupati Sleman ibu Sri Muslimatun ,kepala Dinas Pariwisata dan jajaran pemerintahan di wilayah kabupaten Sleman.
Pada pembukaan Festival Merapi 2018 ibu Sri Muslimatun menyampaikan bahwa event ini dapat dijadikan ajang untuk pementasan dan media kreatifitas serta inovasi yang dilakukan para pelaku seni di kabupaten Sleman.
Di samping itu festival dapat menjadi media promosi pariwisata untuk menarik wisatawan berkunjung di Sleman.
"Saya harap event ini menjadi wadah tampil hasil binaan dan pengembangan kesenian khususnya di tingkat kecamatan yang merupakan pusat pengembangan seni dan budaya." lanjutnya.
Ke depannya beliau berharap kegiatan tersebut terus berkembang dam berkelamjutan secara dinamis karena pariwisata dan seni adalah bagian yang tak terpisahkan.
"Kegiatan seperti ini juga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat,maka festival ini diadakan di beberapa tempat supaya merata."

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sleman Ibu Sudarningsih menyatakan festival tsb merupakan event seni,budaya dan pariwisata yang digelar untuk menyambut libur natal dan tahun baru.
Beliau berharap kegiatan yang diadakan sejak tahun 2017 dapat menjadi suguhan dan sajian kepariwisataan yang dapat meningkatkan gairah pariwisata d kab.Sleman.

Pada pembukaan Festival Merapi 2018 wakil bupati sekaligus meresmikan Embung Jetissuruh yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penebaran benih ikan yang kemudian diikuti oleh jajaran pemerintahan kab.Sleman.

Setelah peresmian embung Jetissuruh rangkaian acara festival Merapi dilanjutkan dengan pementasan kesenian jatilan dari Gondan Pusung yang dianjutkan dengan jatilan dari donolayan dan banteran.
Pada sore hari digelar pentas hadroh dari Bantarjo,keseniam calung dari Wonosari Donoharjo hingga pada malam harinya dipentaskan angguk dari Bakalan dan diakhiri dengan pentas ketoprak Donoharjo.(Bagian 1)
Sudah dilihat 218 kali

Komentar

  • 17327 new thumb 1542097795810

    Mantab semoga embung jetis suruh yang ramah difabel menjadi destinasi wisata yang diminati pengunjung imbasnya memberikan manfaat keuntungan bagi warga jetis suruh dan sekitarnya serta bagi pemdes donoharjo.