Fashion Show Desain Batik Bogor Pancarkan Batik Khas Kota Hujan

67049 medium img 20190716 5440
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Belasan wanita berlomba memperagakan desain batik khas Kota Bogor di lantai 1, Lippo Plaza Keboen Raya dalam lomba desain batik khas Kota Bogor, Selasa (16/7/2019).

Tidak hanya para peserta, Yane Ardian, istri Wali Kota Bogor dan Yanti Rachim, istri Wakil Wali Kota Bogor juga ikut memperagakan desain batik para peserta lomba dalam gelaran ini. Tujuannya adalah memancarkan pesona batik khas kota hujan ke kalayak ramai.

"Kegiatan ini lebih dikenal sebagai salah satu kearifan lokal untuk memperkenalkan batik khas Bogor kepada masyarakat dan ini akan ada setiap tahun," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Sahlan Rasyidi.

Dia mengatakan, lomba fashion show desain batik ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati hari jadi Bogor ke-534 yang telah dimulai sejak Mei 2019. Gelaran tahun ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya juga diadakan tahun 2018.

"Sekarang ini pengumumannya kalau lombanya sudah sejak bulan Mei yang lalu ada 35 peserta yang ikut, yang lolos 27 orang tapi dari 27 tinggal 17 orang karena sisanya itu tidak bisa menyelesaikan sampai ke final, nah hasil lomba itu diperagakan hari ini untuk memasyarakatkan batik Bogor," kata Sahlan.

Dia mengatakan, banyak motif batik yang dimiliki khas Bogor yang pada gelaran ini disuguhkan kepada penonton diantaranya adalah motif talas, kujang, kebun raya Bogor, taman sempur, hingga batik ASN.

Ragam motif batik khas Bogor itu diharapkan terus dikenal oleh masyarakat. Tujuannya bukan hanya sekedar melestarikan kearifan lokal namun juga untuk menarik kunjungan wisatawan.

"Dengan adanya lomba fashion batik Bogor ini bisa meningkatkan minat masyarakat Bogor terhadap batik dan juga menarik kunjungan wisatawan karena adanya batik Bogor ini tentu wisatawan berpikir bahwa di Bogor itu bukan hanya ada kuliner saja tapi ada juga batiknya yang unik dan khas," tukas Sahlan.
Sudah dilihat 48 kali

Komentar