Es Bir Kotjok, Minuman Berkhasiat yang Melegenda di Bogor

64447 medium bir kotjok
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH,AYOBOGOR.COM--Namanya Es Bir Kotjok. Namun jangan salah sangka, minuman ini beda dengan bir. Alih-alih memabukkan, minuman tradisional asal Bogor ini malah berkhasiat bagi kesehatan.

Es Bir Kotjok sedari dulu sudah melegenda di Kota Hujan. Minuman yang terbuat dari olahan jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir dan gula aren ini sudah eksis sejak tahun 1965.

Eman, Generasi ketiga pemilik Bir Kotjok mengatakan banyak mamfaat khasiat dari meminum segelas bir kotjok yang enak diteguk dalam segala situasi baik hujan maupun panas.

"Khasiatnya kalo jahe buat ngobatin masuk angin, kayumanis, cengkeh dan jahe merah buat sirkulasi darah bagus kalau gak pakai es hangat-hangat bisa buat ngusir pegal-pegal," ujar Eman ditemui di lapak Bir Kotjok di Jalan Suryakencana, Jumat (21/6/2019).

Dijelaksan, resep rahasia Bir Kotjok diturunkan secara turun temurun. Awalnya kakek Eman yang menjadi penemu resep minuman dengan nama unik ini. Kemudian ayah Eman mengikutinya hingga akhirnya diturunkan kepada Eman.

Meskipun sudah berbeda generasi Eman memastikan bahwa resep Bir Kotjok terjaga dengan baik dan rasanya masih seperti dulu yakni manis, asam, dan seger di kerongkongan.

"Saya sudah generasi ketiga dari kakek terus ke bapak, bapak ke saya, kalau saya mah dari tahun 2002.
Resepnya dari dulu sama turun temurun. Untuk menjaganya saya bikin sendiri di rumah tanpa bantuan orang lain," katanya.

Jika Anda mencoba mencicipi bir kotjok ini Anda akan menemukan banyaknya pelanggan minuman. Hal ini selain namannya yang unik juga karena rasanya yang memang memuaskan dahaga dan tak bikin kantong jebol.

"Kenapa namanya bir kotjok karena dikotjok terus ada busanya kayak bir, dan namannha ini juga biar penasaran orang pengen nyoba," kata Eman.

Jika Anda penasaran mencoba minuman tradisional yang melegenda ini Eman berjualan setiap harinya sekira pukul 09.30-18.00 WIB di persimpangan Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kota Bogor. Segelas bir kotjok dibanderol dengan harga Rp. 5.000.

"Alhamdulillah sehari gak nentu berapa botol bisa dihabis kadang-kadang rame bisa 30 botol. Pelanggan juga Alhamdulillah ada yang dari jauh Jakarta, Batam Singapur juga ada," tukas Eman.

Sudah dilihat 49 kali

Komentar