Efektif mana, kerja sambil duduk atau berdiri?

4391 medium bekerja sambil berdiri
  • Gaji tidak di cantumkan

Ringkasan Pekerjaan

Jakarta - Tak sedikit pegawai kantoran yang bermasalah dengan produktivitas. Walau sudah datang pagi bahkan mengurangi tugas, sebagai karyawan masih saja seperti kekurangan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan selalu pulang malam. Berbagai hal bisa jadi penyebabnya, mulai dari kebanyakan menunda hingga keseringan membuka media sosial.

Jika Anda salah satu orang yang sering menghadapi problema itu, cobalah bekerja sambil berdiri. Sebuah riset terbaru yang dilakukan Texas A&M Health Science Center School of Public Health mengungkapkan demikian.

Studi itu dilakukan selama enam bulan kepada sejumlah pekerja call center. Mereka yang dianalisa memang sering berdiri dalam waktu lama saat menerima panggilan dan hanya duduk kurang dari 1,6 jam selama kerja. Para responden kemudian dibagi menjadi dua kelompok untuk bekerja sambil berdiri dan duduk. Penelitian tersebut pun membuktikan jika orang yang mengerjakan tugasnya tanpa seiring duduk menyelesaikan tugas lebih cepat.

"Kami mengharapkan penelitian ini akan memperlihatkan pada perusahaan bahwa walau ada biaya yang dikeluarkan untuk membuat tempat kerja berdiri, itu bisa meningkatkan produktivitas pekerja yang kelamaan bisa mengimbangi biaya di awal," ungkap Mark Benden yang memimpin penelitian kepada Inc.

Penelitian pun mengatakan jika responden yang kerja sambil berdiri mengaku produktivitasnya terus menerus meningkat setiap bulannya. Selain itu, 75% dari mereka juga mengaku mengalami lebih sedikit sakit dan ketidaknyaman di tubuh bagian bawah karena tidak terlalu sering duduk.

"Kami percaya bahwa penurunan ketidaknyamanan pada tubuh dapat menjelaskan beberapa perbedaaan produktivitas di antara dua grup. Bagaimana pun, meja berdiri bisa berpengaruh pada performa kognitif yang akan menjadi fokus penelitian kamu selanjutnya," kata Gregory Garret selaku penulis utama studi.

Walau bermanfaat untuk produktivitas, bekerja sambil berdiri mungkin sulit diterapkan bagi Anda. Jika begitu Anda bisa mengurangi rasa sakit pada tubuh dan meningkatkan produktivitas dengan banyak berjalan dan melakukan stretching. (ays/ays)
Sudah dilihat 231 kali

Komentar