Edisi Ramadhan : Tamu Bulanan Datang? Lakukan Hal ini Agar Kamu Tetap Produktif Ibadah Ladies!

16 May 2019, 18:15 WIB
3 1 158
Gambar untuk Edisi Ramadhan : Tamu Bulanan Datang? Lakukan Hal ini Agar Kamu Tetap Produktif Ibadah Ladies!
Haduhhhh lagi semangat-semangat ibadah terus “dia” tiba-tiba aja dateng. Rasanya itu sediiih banget. Apalagi ini akan segera masuk pertengahan puasa. Mana belum maksimal buat minta doa ampunan, limpahan rezeki dan jodoh pula. Hehehe.

Hayo..ada yang ngedumel kayak gitu juga gak? Tenang aja Ladies. Ramadhan mu akan tetap istimewa kok, meskipun tamu bulanan mu dateng. Mau tahu caranya? Nah, simak dan aplikasikan beberapa tips ini agar kamu tetap bisa produktif ibadah di bulan penuh berkah ini. Check these out…

1. Muroja`ah Qur`an
Karena Ramadhan adalah bulan Qur`an jangan sampai hari kita terlewatkan tanpa bacaan ayat suci Al-Qur`an, termasuk di masa-masa palang merah datang. Dengan Muroja`ah atau mengulang kembali hafalan qur`an menjadi ibadah yang bisa kamu maksimalkan di saat ini. Selain itu, dengan muroja`ah juga akan melatih daya ingat kita nih Ladies. Apalagi yang hafalan Qur`an nya udah banyak, pasti butuh waktu untuk sering-sering muroja`ah yah. Kita yang masih hafalannya dikit juga gak boleh males-malesan dong yah. Udah dikit masa males juga ngulanginnya. Apa kata dunia? hehehe

2. Sedekah
Ladies mungkin pernah berasa gak produktif saat dapet, karena lebih banyak ibadah yang gak bisa kita lakukan. Seperti salat fardhu, taraweh, dan ngaji. Tapi jangan salah, justru dengan kelapangan waktu itu, menjadi kesempatan kita untuk bisa memaksimalkan mengerjakan amalan lain. Misalnya dengan sedekah. Ini jadi kesempatan emas kita nih ladies untuk mempersiapkan makanan buka puasa bagi keluarga atau sahabat kita yang sedang berpuasa. Dengan begitu, kita pun akan dapat pahala dari mereka. Wah bayangin aja kalau se-keluarga ada 5 orang, maka kita dapat pahala 5 orang yang berpuasa. Masya Allah, mantap jiwa.

3. Dzikir Pagi dan Petang
Nih amalan yang bisa kita lakukan tanpa ada larangan. Kapan pun kita ingin berdzikir kepada-Nya monggo. Saat duduk, masak, ngepel, nyapu, belajar, ngetik, berkendara, kita manfaatkan dengan memperbanyak dzikir pada-Nya. Khususnya nih dzikir pagi dan petang jangan sampai kelewatan yah, Ladies.

4. Mendengarkan Murottal
Kadang suka greget gak sih ketika grup one day one juz yang kamu ikuti di whatsapp terus memberi notifikasi chat dari orang-orang yang kholaz satu juz. Hmmm iya sih pengen juga gitu yah. Tapi jangan gundah gulana gitu, Ladies, karena kita tetap aja bisa kok setoran dengan mendengarkan murottal Al-Qur`an. Misal nih, ladies kemarn juz 3. Terus hari ini gak bisa ngaji karena dapet. Ladies bisa putar Al-Qur`an juz 4 sebagai lanjutan. Dengan begitu kita masih bisa mengikutikan hehehe.

5. Mendengarkan kajian
Mendengarkan kajian juga menjadi salah satu tips ampuh agar kita tetap istiqomah meski tidak bisa mengerjakan amalan seperti biasanya. Apalagi namanya ilmu itu penting banget yah, Ladies. Khususnya buat kita-kita nih yang akan melahirkan peradaban dan menjadi madrasah generasi mendatang. Agama yang sudah ada paket komplit dari tauhid hingga akhlak wajib selalu kita upgrade agar benar-benar bisa menjalankan tugas kita dengan penuh tanggungjawab nantinya yah ladies. Semangat nih buat para ladies yang lagi on the way, sementara berjuang memantaskan diri. Jangan lelah belajar yah, Ladies.

6. Niatkan untuk Menjauhi Larangan-Nya
Ketika kita mengerjakan perintah-Nya untuk mendapatkan Ridho Ilahi Robbi, maka sama halnya ketika Ladies juga meninggalkan larangan-Nya untuk dapatkan Ridho-Nya pula. In syaa Allah akan bernilai pahala dihadapan-Nya. Karena kita kan emang sedari awal diperintahkan bukan hanya untuk menjalankan perintah-Nya, melainkan juga menjauhi larangan-Nya. Termasuk ketika datang masa-masa ini Ladies. Jangan merasa sedih. Karena ini adalah salah satu momen dimana Allah pengen liat kepatuhan kita. Semoga kita semua tetap istiqomah dalam ketaatan yah.

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan
Dan semangat memaksimalkan ibadah untuk kita semua

Penulis : @sucifitrahsyari

  1 Komentar untuk Edisi Ramadhan : Tamu Bulanan Datang? Lakukan Hal ini Agar Kamu Tetap Produktif Ibadah Ladies!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar