Edamame dan Sederet Manfaatnya. Camilin Ini aja Yuk!

28 January 2019, 15:21 WIB
0 0 106
Gambar untuk Edamame dan Sederet Manfaatnya. Camilin Ini aja Yuk!
Halo wargatmaGo!

Jujur, saya sebenarnya penggemar makan sayur-sayuran dan buah-buahan...bukan karena sok sehat, tapi lebih karena lebih suka rasa badan setelah memakan sehat.
Kacang kedelai memiliki peran besar terhadap berbagai produk makanan maupun minuman. Seperti susu kedelai, tahu, tempe, minyak kedelai, kecap, dan miso. Kedelai juga bisa dimakan secara langsung, salah satunya kedelai belum matang atau edamame.
Secara tradisi, edamame sering dikonsumsi sebagai camilan di Asia.

Lalu sebenarnya apa itu edamame? Edamame adalah kacang kedelai yang belum matang yang biasa kita lihat memiliki warna cokelat muda. Edamame biasa dijual dalam keadaan terbungkus dengan kulitnya.
Kacang ini biasa disajikan di rumah makan China dan Jepang.Terlepas dari kondisi tersebut, edamame memberikan manfaat kepada kesehatan.

1. Kaya protein

Dari edamame mendapatkan kecukupan protein yang perlu untuk kesehatan. Para vegetarian atau mereka yang tidak mengonsumsi protein hewani perlu memperhatikan asupan makan. Dikarenakan sayuran memiliki protein yang relatif rendah dibanding makanan nabati, tetapi ada beberapa pengecualian.

Kacang-kacangan adalah salah satu sumber protein nabati terbaik, misalnya secangkir edamame yang dimasak menyediakan sekitar 18,5 gram protein. Selain itu, kedelai adalah sumber protein utuh. Tidak seperti kebanyakan protein nabati, kedelai menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, meskipun tidak berkualitas tinggi seperti protein hewani.

Kesimpulannya, edamame mengandung protein sebanyak 12 persen dari jenis sayuran lain.
.

2. Menurunkan kolesterol

Penelitian mengatakan kadar kolesterol yang tinggi memiliki risiko penyakit jantung. Memakan 47 gram edamame dalam sehari mampu menurunkan level kolesterol sekitar 9,3% dan kolesterol jahat sekitar 12,9%.

Edamame juga kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin K.
Senyawa tanaman ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan profil lipid darah, ukuran lemak termasuk kolesterol dan trigliserida.3. Tidak menambah gula darah

Bagi yang suka makan makanan yang mengandung banyak karbo, seperti gula, risiko terkena penyakit kronis. Hal ini karena pencernaan cepat menyerap karbohidrat meningkatkan kadar gula darah atau hiperglikemia.

Tidak seperti kacang lain, edamame tidak membuat gula darah naik. Rendah karbo, justru kaya akan protein dan lemak, maka cocok untuk orang yang terkena diabetes, dan cocok untuk diet rendah lemak.4. Kaya akan vitamin dan mineral

Edamame mengandung beberapa vitamin dan mineral sama halnya dengan serat.

Dalam 100 gram edamame terdapat folat, vitamin K1, tiamin, riboflavin, zat besi, tembaga, dan mangan.

Kesimpulannya, edamame lebih kaya akan vitamin K dan folat dibanding kedelai.
Bahkan jika kita mengonsumsi 155 gram setara dengan 52 persen kita mendapatkan asupan vitamin K dan folat.5. Mengurangi risiko kanker payudara

Edamame adalah jenis kacang-kacangan yang mengandung isoflavon yang tinggi.

Isoflavon menyerupai hormon seks wanita estrogen dan dapat berikatan lemah dengan reseptornya, yang terletak pada sel di seluruh tubuh.

Karena estrogen dianggap penyebab jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara, beberapa peneliti percaya bahwa mengonsumsi kedelaidan isoflavon dalam jumlah besar mungkin berisiko. Namun peneliti lain tidak setuju, sebab tidak ada efek mengonsumsi kedelai atau edamame memiliki risiko kanker payudara.
Beberapa orang menghindari memakan makanan dan minuman berbahan dasar kedelai untuk menghindari penyakit tiroid. Namun, jika tidak ....yuk! Langsung stok edamame dirumah dan tentunya bisa menjadi camilan yang sehat untuk anak-anak!

  Komentar untuk Edamame dan Sederet Manfaatnya. Camilin Ini aja Yuk!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!